nusabali

Pangdam Bahas Penanggulangan Covid-19 Jelang Lebaran

  • www.nusabali.com-pangdam-bahas-penanggulangan-covid-19-jelang-lebaran

DENPASAR, NusaBali
Pangdam IX/Udayana, Mayjen TNI Benny Susianto, ikut membahas penanggulangan Covid-19 jelang perayaan Lebaran Idul Fitri 1441 Hijriah tahun 2020 melalui Video Conference (Vidcon), Senin (18/5) malam.

Pertemuan secara virtual itu diikuti Kepala Pusat Gugus Tugas Penanganan Covid-19, Letjen TNI Doni Monardo, Menkopolhukam RI Mahfud MD, dan Menko Bidang Maritim dan Investasi RI, Jenderal TNI (Purn) Luhut Binsar Pandjaitan serta unsur terkait lainnya.

Dalam kesempatan itu Letjen Doni Monardo menekankan agar seluruh jajaran gugus tugas di wilayah saling bersinergi di lapangan. Semuanya harus sesuai instruksi pemerintah untuk melarang mudik yang nantinya akan berisiko penyebaran Covid-19.

"Kita saksikan sesuai fakta, bahwa banyak masyarakat yang melakukan berbagai macam cara untuk bisa mudik dan terpantau hingga saat ini sekitar 42.000 kendaraan sudah diputar balik arah, ini semua atas kerja keras kita," ungkap Letjen TNI Doni Monardo.

Hal senada disampaikan oleh Luhut Binsar Pandjaitan. Dia menyebutkan menurut data untuk arus mudik terbesar memang berada di kota-kota besar. Hal itu yang perlu disikapi bersama untuk mendukung instruksi dari pemerintah agar tidak melaksanakan mudik.

"Perlu diketahui bahwa sejauh ini kita sudah cukup baik dalam penanggulangan Covid-19. Saya berharap untuk semua elemen baik dari TNI dan Polri maupun pemerintah daerah agar lebih ditekankan kepada masyarakat untuk tidak mudik sehingga dapat mencegah berkembangnya Covid-19," tutur Luhut.

Usai menerima penyampaian dari sejumlah pejabat negara itu, Pangdam IX/Udayana, Mayjen Benny Susianto, melalui saluran yang berbeda juga melaksanakan vidcon kepada seluruh satuan jajaran Kodam IX/Udayana. Pangdam menekankan kepada jajarannya agar berpegang teguh pada protokol Kesehatan dari pemerintah pusat.

"Saya tekankan agar jajaran menyikapi adanya kelompok tertentu yang memanfaatkan situasi dengan mengangkat isu permasalahan terkait agama sehingga menjadikan situasi tidak kondusif di tengah pandemi Covid-19 ini," tandas Pangdam. *pol

Komentar