nusabali

Bupati Suwirta Ingatkan PMI Agar Metilesang Raga

  • www.nusabali.com-bupati-suwirta-ingatkan-pmi-agar-metilesang-raga

SEMARAPURA, NusaBali
Walau telah melakukan karantina dan lolos rapid test, Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta, tidak henti-henti menyarankan kepada Pekerja Migran Indonesia (PMI) untuk tetap lakukan karantina mandiri di rumah masing-masing minimal 14 hari.

Hal ini berkaca kepada kejadian di lapangan di mana virus Corona yang mengalami evolusi dan berkembang pada hari ke 18 dan bahkan pada hari ke 20 dan hari ke 30. "Setelah sampai di keluarga dan di lingkungan masing-masing segera melapor ke Posko Gotong Royong Penanganan Covid-19 desa," ujar Bupati Suwirta kepada wartawan, Selasa (19/5). Jadilah contoh yang baik dalam memutus penyebaran Covid-19 kepada masyarakat. Jangan ngumpul-ngumpul dan berpesta di tengah pandemi covid-19 ini. Lebih baik uang yang dimiliki disimpan untuk bertahan hidup selama pandemi ini. "Hal yang paling penting sikap metilesang raga (rendah hati) selalu dijaga dengan cara tidak menyombongkan diri sendiri," harap Bupati Suwirta.

Setidaknya sejak 11 April 2020 sebanyak 1.018 PMI yang sudah menjalani karantina baik secara mandiri maupun yang sudah difasilitasi Pemkab Klungkung.

Sementara itu usai keliling menyerahkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) di tiga Kecamatan Klungkung daratan, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta melanjutkan agendanya melepas sebanyak 18 Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Klungkung di GOR Swecapura, Desa Gelgel, Klungkung, Senin (18/5) sore.

Mereka sebelumnya menjalani masa karantina di salah satu tempat yang ditunjuk Pemkab Klungkung. Sebelum pulang, para PMI ini juga telah menjalani test rapid dan swab yang hasilnya dinyatakan negatif. Turut hadir dalam acara ini Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Klungkung, I Putu Widiada dan Kepala Dinas Kesehatan Klungkung, dr Made Adi Swapatni.

Bupati Suwirta mengucapkan selamat datang kepada para PMI. Karantina di hotel merupakan bentuk penghargaan Pemkab Klungkung kepada para PMI yang telah berjuang di luar negeri untuk mencari devisa sebagai wujud keikutsertaan dalam membangun daerah khususnya membangun keluarga masing masing.

Sementara itu salah seorang PMI, Kadek Febri Andikayasa asal Desa Batumadeg, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung, mengucapkan terimakasih kepada Bupati Suwirta berserta jajarannya, karena telah memfasilitasi kepulangan para PMI. "Mulai dari penjemputan di bandara hingga mendapat tempat karantina yang layak serta dapat kembali kekeluargaan masing masing," ujarnya. *wan

Komentar