nusabali

TOSS Center Dilengkapi Tempat Pembibitan 2,1 Hektare

  • www.nusabali.com-toss-center-dilengkapi-tempat-pembibitan-21-hektare

SEMARAPURA, NusaBali
Tim Penggerak PKK Kabupaten Klungkung membuat demplot dan tempat pembibitan di TOSS (tempat olah sampah setempat) Center, Banjar Karangdadi, Desa Kusamba, Kecamatan Dawan, Klungkung, Jumat (15/5) pagi.

Kegiatan ini serangkaian implementasi program Hatinya PKK Provinsi Bali.  Pembuatan demplot dan tempat pembibitan dihadiri langsung Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta selaku Ketua Pembina TP PKK Klungkung didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Klungkung, Ny Ayu Suwirta. Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Klungkung Anak Agung Kirana, mengatakan lahan yang digunakan sebagai tempat pembibitan dan demplot luas sekitar 2,1 hektare. "Pupuk yang digunakan untuk demplot dan pembibitan nanti bersumber dari pupuk organik hasil olahan TOSS Center," ujarnya.

Ketua PKK Klungkung Ny Ayu Suwirta mengatakan tanaman yang akan ditanam di demplot ini, antara lain, cabai, tomat, dan berbagai jenis buah seperti pisang, pepaya, keladi, dan singkong. Kebun ini dilengkapi dengan kolam penampungan air. Menurut Ayu Suwirta, hasil dari demplot itu nantinya akan diberikan kepada Tim Penggerak PKK di tingkat kecamatan dan desa, lanjut ditanam di masing-masing pekarangan keluarga. "Harapan kami PKK di masing-masing kecamatan juga dapat membuat lahan demplot dan pembibitan ini," ujar Ayu Suwirta.

Bupati Suwirta, selaku Ketua Pembina TP PKK Kabupaten Klungkung menyatakan demplot dan pembibitan ini nantinya diharapkan dapat berguna menjaga ketahanan pangan di Klungkung. Pihaknya mengaku akan bersinergi dengan PKK untuk menjadikan demplot dan tempat pembibitan ini sebagai sarana untuk menciptakan enterpreneur masuk desa khususnya dibidang pertanian. “Saya akan latih generasi muda Klungkung untuk dapat menjadi petani yang menghasilkan dengan memanfaatkan teknologi yang ada dan dengan adanya demplot ini dapat menarik minat generasi muda untuk menekuni pekerjaan dibidang pertanian,” ujar Bupati Suwirta.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Dinas Pertanian Klungkung Ida Bagus Juanida, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Klungkung I Wayan Durma, dan instansi terkait lainnya.*wan

Komentar