nusabali

'Sembako' Kera di Monkey Forest Telan Rp 120 Juta Per Bulan

  • www.nusabali.com-sembako-kera-di-monkey-forest-telan-rp-120-juta-per-bulan

GIANYAR, NusaBali
Masalah ‘sembako’ alias kebutuhan  pakan pad ataman-taman satwa menjadi isu krusial di masa pandemi Covid-19.

Pasalnya, pos anggaran untuk pakan satwa ini tak terbilang sedikit. Apalagi di saat taman satwa harus ditutup pada masa tanggap darurat membuat pengelola kelabakan.

Namun beruntung bagi satwa kera yang ada di Monkey Forest. Meskipun objek wisata andalan di Desa Padang Tegal, Kelurahan Ubud, ditutup, namun kebutuhan ‘sembako’ kera-kera masih tercukupi dan berjalan normal. "Kera-kera tetap diberi makan 7 kali sehari, kebersihan juga berlangsung seperti saat situasi normal," jelas Bendesa Adat Padang Tegal, Made Gandra, Minggu (10/5).

Dijelaskannya, dalam sebulan kawanan kera ini didanai Rp 120 juta per bulannya untuk pengadaan pakannya. "Masih normal, kalau tidak dikasih pakan, nanti malah rusuh, masuk ke rumah-rumah. Sampai saat ini terkendali," jelasnya.

Bahkan untuk mengelola objek wisata tersebut, terdapat 200 tenaga kerja yang memberi pakan dan membersihkan kawasan wisata tersebut. "Yang 200 tenaga kerja ini dibagi dalam beberapa shift, karena situasinya sepi, seorangnya bekerja 8 kali dalam sebulan," ujarnya.

Adapun dana pengelolaan lahan seluas 26 hektare tersebut, juga disubsidi dari dana kas desa adat. "Pemeliharaan harus tetap seperti biasa. Kami kira situasinya akan lama, sampai setahun baru normal. Namun kera-kera kan harus makan tiap hari, kami berupaya tetap normal," jelasnya.

Pengelolaan di objek wisata tersebut, juga tidak mem-PHK karyawan, hanya dibagi shift saja. "Tidak ada PHK, hanya pengurangan jam kerja, kalau situasi normal, kerjanya juga normal. Semua sudah memaklumi kondisi ini," ungkapnya.

Sedangkan dalam situasi sepi ini, pengelola objek juga melakukan penataan areal agar saat kondisi normal nanti, objek wisata lebih nyaman dikunjungi.Di Monjkey Forest sendiri diperkirakan dihuni sekitar 900 kera berikut 186 spesies tumbuhan.*nvi

Komentar