nusabali

Desa Purwakerti Cairkan BLT Dana Desa

  • www.nusabali.com-desa-purwakerti-cairkan-blt-dana-desa

AMLAPURA, NusaBali
Pemerintah Desa Purwakerti, Kecamatan Abang, Karangasem, mengalihkan dana infrastruktur Rp 291.600.000 untuk anggaran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa.

APBDes Perubahan 2020 telah ditetapkan dan BLT dana desa untuk 162 kepala keluarga (KK) langsung dicairkan. Masing-masing penerima mendapatkan Rp 600 ribu per bulan selama tiga bulan. 

Perbekel Desa Purwakerti, I Nengah Karyawan, mengaku telah transfer dana BLT ke rekening masing-masing penerima. Dikatakan, sebanyak 162 KK yang dpat BLT dana desa berasal dari lima banjar yakni Banjar Babakan sebanyak 8 KK, Banjar Amed 41 KK, Banjar Lebah 46 KK, Banjar Bias Lantang Kelod 32 KK, dan Banjar Biaslantang Kaler 35 KK. “Masing-masing KK mendapatkan BLT sebesar Rp 600 ribu per bulan,” terang Nengah Karyawan, Selasa (5/5).

Sebelumnya, Kajari Amlapura Joko Budi Dramawan berikan jaminan hukum dan rasa aman kepada 14 perbekel se-Kecamatan Abang dalam menggunakan dana desa untuk penanganan dampak Covid-19. Penegasakan itu disampaikan saat teleconference antara Kajari Joko Budi Darmawan dengan 14 perbekel se-Kecamatan Abang, Selasa (21/4). Penggunaan dana desa untuk Covid-19 bisa digunakan sesuai UU Nomor 06 Tahun 2014 tentang Desa. Surat Edaran Kemendes PDTT (Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi) Nomor 8 tahun 2020 tentang Desa Tanggap Covid-19, Peraturan Menteri Desa PDTT Nomor 11 tahun 2019 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa 2020.

Hanya saja, dalam ketentuannya yang tidak boleh diberikan adalah pensiunan ASN, pegawai pariwisata bermobil, BUMD, dan penerima PKH (program keluarga harapan). Warga Ni Ketut Yudani, I Gede Tama, dan I Ketut Sudiasa sampaikan terimakasih atas bantuan BLT Desa Purwakerti. Di Kecamatan Abang, ada 14 desa juga mencairkan BLT. *k16

Komentar