nusabali

Peringati Hari Buruh, FSP Par Donor Darah

  • www.nusabali.com-peringati-hari-buruh-fsp-par-donor-darah

DENPASAR,NusaBali
Pengurus Cabang Federasi Serikat Pekerja Pariwisata - Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (PC FSP PAR - SPSI) Kabupaten Badung melaksanakan bakti sosial donor darah, Jumat (1/5).

Donor darah dilaksanakan di Sekretariat Dewan Pimpinan Daerah SPSI Provinsi Bali, Jalan Gurita Denpasar. Kegiatan donor darah sekaligus memperingati Hari Buruh International dan HUT PP FSP PAR - SPSI ke 47. Ini juga merupakan kegiatan yang ke 63 oleh PC FSP PAR SPSI.

Ketua PC FSP PAR - SPSI Kabupaten Badung, Putu Satyawira Marhaendra, mengatakan  kegiatan donor sudah menjadi budaya di lingkungan FSP PAR. “Bukan hanya bergelut di dunia pariwisata saja, para anggota juga diajak aktif dalam kegiatan sosial yang bermanfaat bagi masyarakat luas,” ujar Satyawira. Sebanyak 84 kantong darah berhasil dikumpulkan. Di antaranya, golongan A sebanyak 20 kantong, golongan B 24 kantong, golongan AB 5 kantong, dan golongan O sebanyak 35 kantong darah. Kegiatan ini juga diapresiasi TNI/Polri dan masyarakat.   

Wakil Ketua Bidang Sosial, Agama, Budaya, Olahraga PC FSP PAR - SPSI  Badung, I Wayan Wendiasa, menambahkan sejak tahun 2003 dan sampai tahun 2020 telah menyumbangkan 5.655 kantong darah. Sebelumnya PMI Provinsi Bali sebagaimana surat tertanggal 11 April yang ditandatangani Kepala Unit Donor Darah, dr AA Sagung Masdwipayani, menyatakan PMI kekurangan stok darah. Baik untuk kebutuhan rutin rumah sakit untuk thalasemenia, hemophilia, dan penyakit lain yang membutuhkan darah. Ketua Palang Merah Indonesia Provinsi Bali, I Gusti Bagus Alit Putra, menjelaskan ketersediaan stok darah di Bali saat ini sedang mengalami kekurangan, ditambah pandemi Covid-19 ini membuat kebutuhan darah di Provinsi Bali mengalami peningkatan. Setidaknya, PMI Bali membutuhkan 120 kantong darah setiap harinya. “PMI Bali mengajak PC FSP PAR - SPSI Badung untuk bersama-sama, saling membantu dalam melaksanakan kegiatan sosial ini,” ujar Alit Putra. *k17

Komentar