nusabali

Kariyasa Apresiasi Buruh Batalkan Rencana Demo

  • www.nusabali.com-kariyasa-apresiasi-buruh-batalkan-rencana-demo

JAKARTA, NusaBali
Anggota Komisi IX DPR RI asal Dapil Bali yang antara lain membidangi kesehatan dan ketenagakerjaan, I Ketut Kariyasa Adnyana, mengapresiasi perkumpulan serikat buruh yang membatalkan rencana aksi demo di Gedung DPR RI menjelang Hari Buruh Internasional pada 30 April nanti.

Menurut Kariyasa, itu merupakan langkah tepat di masa pandemi Covid-19 ini. "Saya ucapakan terimakasih atas langkah yang diambil mereka, karena dalam kondisi seperti ini kita harus benar-benar menerapkan physical distancing dan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) agar tidak ada penularan Covid 19 akibat berkerumun. Oleh karena itu, kita harus bersatu padu dan bekerja sama untuk mengatasi pandemi ini," ujar Kariyasa kepada NusaBali, Minggu (26/4).

Perkumpulan serikat buruh sendiri ingin melaksanakan demo lantaran RUU Cipta Kerja, khususnya kluster Ketenagakerjaan masih dibahas dalam masa pandemi ini. Mereka menilai, tidak tepat untuk dibahas sekarang. Apalagi di sejumlah pasal masih bermasalah seperti tentang upah, pesangon dan jam kerja sehingga perlu masukan dari berbagai pihak.

Menurut Kariyasa, DPR RI sangat memperhatikan tuntutan buruh tersebut. Bahkan Ketua DPR RI, Puan Maharani, telah menyatakan secara langsung agar Baleg DPR RI menunda membahas kluster Ketenagakerjaan. Begitupula dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang telah bertemu dengan pimpinan serikat buruh. Untuk itu, Baleg DPR RI menunda pembahasan RUU Cipta Kerja, terutama terkait Ketenagakerjaan. *k22

Komentar