nusabali

Pandan Tumbang Timpa Jalan

  • www.nusabali.com-pandan-tumbang-timpa-jalan

AMLAPURA, NusaBali
Pohon pandan di Lingkungan Kertasari, Kelurahan Padangkerta, Kecamatan Karangasem, tumbang ke jalan, Rabu (15/4) sekitar pukul 21.00 Wita.

Pohon pandan itu tumbang karena akarnya keropos dan tak kuat menahan beban akibat bercabang-cabang dengan daun rimbun. Sekitar 30 menit selama penanganan, arus lalu lintas sempat tersendat.


Kepala Pelaksana BPBD Karangasem, Ida Ketut Arimbawa, mengatakan pohon pandan yang rimbun tumbang setelah diguyur hujan. Tinggi pohon pandan sekitar 5 meter, diameter 20 cm, tetapi cabangnya banyak berbentuk rumpun. Menurut Ida Ketut Arimbawa, pandan yang akarnya keropos mesti secepatnya disingkirkan agar tidak membahayakan pengguna jalan. Pandan keropos tidak ada manfaatnya, bahkan pandan rimbun tua justru jadi sarang ular.

Ida Bagus Ketut Arimbawa mengingatkan masyarakat, teruma pemilik pohon untuk merelakan tanamannya ditebang agar tak membahayakan. BPBD siap membantu menebang pohon terutama yang tumbuh di pinggir jalan. “Kami sudah layangkan surat imbauan, responnya sangat minim,” kata Ida Ketut Arimbawa. Rendahnya kesadaran masyarakat menebang pohon tua mengakibatkan setiap musim hujan sering terjadi pohon tumbang, terutama yang tumbuh di pinggir jalan. *k16

Komentar