nusabali

Berobat ke Malaysia atau Singapura, Mana yang Lebih Bagus?

  • www.nusabali.com-berobat-ke-malaysia-atau-singapura-mana-yang-lebih-bagus

JAKARTA, NusaBali.com
Sakit bukanlah kondisi tubuh yang diinginkan, tapi saat harus menghadapinya, tentu Anda ingin mendapatkan pengobatan terbaik, salah satunya adalah dengan berobat ke luar negeri seperti Malaysia atau Singapura.

Beberapa Pertimbangan Memilih Pengobatan di Malaysia Atau Singapura

Banyak orang berpikir bahwa semakin mahal pengobatan yang dijalani, semakin bagus pula kualitasnya. Padahal, logika ini tidak selamanya berlaku.  Ada banyak pertimbangan yang bisa mempengaruhi. Mana yang lebih baik, berobat ke Malaysia atau Singapura? Berikut adalah beberapa faktor yang bisa dipertimbangkan. 

1. Pilihan Rumah Sakit
Ada banyak pilihan rumah sakit di Malaysia dan Singapura. Kedua negara ini memiliki berbagai rujukan rumah sakit yang memiliki tenaga medis berkualitas tinggi dengan pelayanan kelas internasional.

Singapura ada beberapa rumah sakit yang popular missal Mount Elizabeth Hospital, Gleneagles Singapore, Mount Alvernia, dan Farrer Park. Sedang di Malaysia ada Island Hospital, Mahkota Medical Centre, Loh Guan Lye Specialist Centre, Gleneagles Penang, Institut Jantung Negara, Sunway Medical Centre, dll. 

Jadi dari segi pilihan rumah sakit, Anda tak perlu khawatir. Bingung pilih rumah sakitnya? Tenang, Medisata, kantor perwakilan rumah sakit Malaysia dan Singapura, dapat memberikan rekomendasi rumah sakit sesuai dengan kondisi yang dirasakan, baik di Malaysia maupun Singapura.  

2. Kemudahan Akses
Baik Malaysia maupun Singapura sama-sama memiliki kemudahan akses dari Indonesia. Saat ini sudah banyak penerbangan langsung (direct flight) dari kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Denpasar, Makassar, Balikpapan, dan sebagainya. Medisata juga akan membantu Anda mengurus tiket perjalanan, booking hotel, hingga membuat janji dengan rumah sakit. Dengan demikian, perjalanan Anda tidak akan rumit.

3. Sistem Antrian
Di Malaysia, sistem antrian yang digunakan adalah first come first serve. Maka jika Anda memilih pengobatan di sana, sebaiknya datang ke rumah sakit jam 8.00 pagi agar tidak perlu antri lama.

Sementara itu, Singapura memiliki sistem antrian yang lebih efektif, yakni melalui appointment dengan dokter. Ini lebih memudahkan, karena Anda hanya perlu datang 15 menit sebelum jadwal appointment yang diberikan.. 

4. Biaya Berobat
Dari segi biaya berobat, berbagai rumah sakit di Malaysia menawarkan harga yang jauh lebih murah, dengan kualitas yang baik. Jika dibandingkan, biaya berobat di Malaysia hanya 30 hingga 40% dari biaya berobat di Singapura. Misal biaya berobat TKR (Total Knee Replacement), di Malaysia biayanya MYR 28,000 sedang di Singapura SGD 28,000. Sama-sama 28,000 memang tapi gara-gara perbedaan mata uang, jika dirupiahkan, perbedaannya hamper 3 kali lipat.

Butuh perkiraan biaya berobat? Medisata dapat memberikan perkirakan biaya yang dibutuhkan untuk pengobatan di Malaysia maupun Singapura. Dengan demikian, Anda memiliki gambaran utuh terkait anggaran dana yang perlu disiapkan. 

Layanan Medisata dan Prioritas Dalam Proses Pengobatan 

Apa itu Medisata? Medisata adalah perwakilan resmi rumah sakit Malaysia dan Singapura yang bertugas membantu pasien-pasien yang ingin berobat ke sana. layanan yang diberikan antara lain: memberikan rekomendasi rumah sakit dan dokter, membuat appointment, mengatur jemputan bandara, hingga mengurus semua akomodasi di sana. Semua layanan yang diberikan Medisata 100% bebas biaya.*

Komentar