nusabali

Didukung Dek Ulik, Jun Bintang Suarakan ‘De Bengkung’

  • www.nusabali.com-didukung-dek-ulik-jun-bintang-suarakan-de-bengkung

Dari candaan, dua penyanyi pop Bali berkolaborasi dari rumah masing-masing, menghasilkan sebuah lagu di tengah wabah Corona.

DENPASAR, NusaBali
Kegiatan memproduksi lagu dari rumah oleh para musisi juga dilakukan oleh penyanyi Jun Bintang. Dengan menggandeng penyanyi pop wanita Bali Dek Ulik, Jun Bintang merilis single berjudul ‘De Bengkung’ melalui platform YouTube Silahome Production pada Minggu (5/4) lalu , dan telah sukses mendulang lebih dari 42.000 penonton hanya dalam waktu dua hari.

Judul ‘De Bengkung’ ini sengaja dipilih, bukan hanya agar menarik, namun juga ditujukan untuk masyarakat yang tidak bisa diberi tahu untuk diam di rumah terkait dengan adanya wabah virus Corona baru atau Covid-19.  Lagu ini dibuat terinspirasi dari percakapan antara dirinya bersama Dek Ulik via WhatsApp. “Awalnya Dek Ulik WA saya minta tolong anaknya dibantu PR Bahasa Jepang, iseng-iseng saya jawab ‘oke’ tapi barter sama masakan, Dek Ulik setuju,” terangnya saat dihubungi NusaBali pada Selasa (7/4).

Hanya dalam waktu lima menit, lagu ini sudah jadi dan dikirimkan ke Sila Home Studio untuk produksi musik untuk lagu ini. Dalam proses pengambilan video dan rekaman suara, baik Jun Bintang dan Dek Ulik tidak bertemu, melainkan melakukan rekaman melalui gawai handphone masing-masing. Jun Bintang di Biaung Denpasar Timur, sedangkan Dek Ulik ada di Batubulan, Gianyar.  “Kami rekaman suara di rumah masing-masing, lalu kami kirim via WA ke Sila,” lanjut pelantun tembang Jodoh ini.

Dalam proses pembuatannya yang hanya menggunakan ponsel ini, Jun Bintang mengaku tidak menemui kendala. “Tidak ada sih, seperti selfie saja, sama dibantu anak-anak di rumah. Kami enjoy saja karena sengaja digarap sederhana, biar memang kesannya rumahan. Tapi musiknya memang digarap serius,” jelasnya.

Setelah melalui proses editing selama empat jam, lagu beserta video musiknya telah jadi dan diunggah ke laman YouTube Silahome Production. Untuk sementara, lagu dan video musik De Bengkung ini hanya tersedia di laman YouTube saja. Namun bukan tak mungkin lagu ini juga akan bisa diakses melalui platform musik lainnya. Bahkan, Jun Bintang telah mendapatkan permintaan atas lagu tersebut oleh beberapa stasiun radio.

Selain memiliki pesan ajakan bagi masyarakat untuk diam di rumah melalui liriknya, bagi Jun Bintang lagu ini juga merupakan perwakilan suara sebagai seorang musisi bahwa berkarya juga bisa dilakukan dari rumah. “Syukurlah kalau bisa menghibur banyak orang yang lagi bosan dirumah saja,” tandasnya.

Sementara itu Dek Ulik yang dihubungi terpisah, juga mengaku tak menyangka bisa menghasilkan karya yang dihasilkan secara berbeda. "Ini pengalaman unik dan pertamakali bagi saya rekaman hanya melalui handphone. Seru juga sih, bagi saya ini kejadian unik dan lucu,” kata Dek Ulik.

Sesuai tema lagu, Dek Ulik pun mengingatkan krama Bali agar tidak ‘ngeyel’ menyikapi wabah virus Corona ini. “Kalau kita ingin Covid-19 cepat selesai, maka kita harus memutuskan rantai penyebarannya dengan cara diam di rumah. Jadi jika memang tidak urgent sekali, sebaiknya di rumah saja,” tuntas perempuan yang memiliki nama asli Ni Made Suastini ini. *cr74

loading...

Komentar