nusabali

Bahan Baku APD Dijemput ke China dan Korsel

  • www.nusabali.com-bahan-baku-apd-dijemput-ke-china-dan-korsel

JAKARTA, NusaBali
Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengatakan ingin ‘menjemput’ bahan baku Alat Pelindung Diri (APD) dari Korea Selatan dan China sebagai upaya untuk memastikan produksi kebutuhan tenaga medis itu terpenuhi dalam penanganan wabah Virus Corona baru atau Covid-19 di Indonesia.

Pihaknya akan berkoordinasi baik dengan industri dan Kementerian BUMN guna menjemput bahan baku APD dari negara tersebut. "Kami lakukan langkah-langkah koordinasi dengan industri-industri, pabrik-pabrik, dan Kementerian BUMN untuk bagaimana caranya kita bisa menjemput bahan baku," kata Bahlil Lahadalia dalam penyerahan bantuan dari investor Korea Selatan LG untuk penanganan Covid-19 di Jakarta, Senin (6/4), yang juga ditayangkan melalui konferensi video.

Mantan Ketua Umum Hipmi itu menjelaskan kedua negara tersebut jadi sasaran utama karena merupakan produsen bahan baku APD terbaik di dunia. Ia bahkan menyebut Eropa dan AS pun ikut berebut bahan baku APD dari dua negara itu. "Doakan saja Insya Allah kita punya koordinasi baik, jadi bisa siapkan bahan bakunya," tutur Bahlil Lahadalia

Bahlil mengatakan telah meminta Menteri BUMN Erick Thohir untuk bisa menyewa pesawat untuk bisa menjemput bahan baku APD itu. Penjemputan bahan baku APD disebutnya akan sangat penting dilakukan mengingat kapasitas produksi APD dalam negeri mencapai 17 juta potong. "Amerika saja ambil bahan baku di China seperti 'ada uang, ada barang'. Kalau kita terlambat pesan, enggak dapat barang. Ini terjadi kemarin kita ada industri terlambat bayar uang muka, diambil oleh Amerika. Kita enggak mau kejadian ini makanya kita support pesawat mereka, mungkin dari BUMN supaya produksi bisa berjalan," kata Bahlil Lahadalia.

Menanggapi permintaan tersebut, Menteri BUMN Erick Thohir yang hadir dalam penyerahan itu menyanggupi bahwa Garuda Indonesia siap ditugaskan dalam misi tersebut.
"Garuda masih terbang kok," pungkas Erick Thohir.

Sementara itu Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona (Covid-19) sekaligus Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo mengatakan Indonesia akan memproduksi Alat Pelindung Diri (APD) berbahan baku dalam negeri.

"Alhamdulillah berkat kerja sama dari sejumlah pihak baik perguruan tinggi, Kementerian Kesehatan dan peneliti kita kemungkinan besar pada periode yang akan datang kita akan produksi APD dengan bahan baku lokal yang telah mendapat sertifikasi dari WHO sehingga ketergantungan kita untuk dapat bahan baku APD dari luar negeri bisa teratasi,"  kata Doni Monardo.

Doni menyampaikan hal tersebut seusai mengikuti rapat terbatas dengan tema ‘Laporan Tim Gugus Tugas Covid-19’ yang dipimpin Presiden Joko Widodo. "APD bukan hanya masalah domestik kita, tapi APD jadi masalah global hari ini. Ada negara yang mengambil alih sebuah proses pemberangkatan APD dari satu tempat ke tempat lain," ungkap Doni.

Data hingga saat ini, Gugus Tugas Covid-19 telah menerima 570 ribu APD dan terdistribusi sebanyak 390 ribu APD ke seluruh daerah. "Adapun yang terakhir tiba siang ini sebanyak 105 ribu berarti akan kita prioritaskan segera didistribusikan terutama di RS yang terdampak," tambah Doni.*ant

Komentar