nusabali

PDP di Jembrana Bertambah Jadi 4 Orang

  • www.nusabali.com-pdp-di-jembrana-bertambah-jadi-4-orang

Ada tambahan 2 pasien dalam pengawasan (PDP). Satu PDP adalah warga yang pulang bekerja dari luar negeri, satu orang lagi warga yang pernah kontak dengan PDP.

NEGARA, NusaBali
Jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) Covid-19 di Kabupaten Jembrana yang menjalani perawatan di ruang isolasi RSU Negara, bertambah menjadi 4 orang. Jika sebelumnya ada 2 PDP yang dirawat sejak Rabu (1/4) lalu, ada tambahan 2 PDP yang dirawat sejak Sabtu (4/4).

Juru Bicara (Jubir) Satgas Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Jembrana dr I Gusti Agung Putu Arisantha, menjelaskan tambahan 2 PDP itu, terdeteksi bertalian dengan kegiatan rapid test yang dilakukan di RSU Negara, Sabtu (4/4). Dari beberapa orang dalam pemantauan (ODP) yang mengikuti rapid test tersebut, 2 di antaranya menujukkan hasil positif.  “Sama seperti 2 PDP sebelumnya. Yang 2 PDP baru itu adalah ODP yang positif berdasar rapid test,” ujar Arisantha, Minggu (5/4).

Menurutnya, salah satu dari PDP baru itu adalah warga yang pulang bekerja dari luar negeri. Sedangkan satu orang lagi, adalah warga yang pernah kontak dengan salah satu dari 2 PDP yang telah dirawat sejak Rabu (1/4). Walaupun salah satu PDP baru itu memiliki riwayat kontak dengan salah satu PDP sebelumnya, namun untuk memastikan yang bersangkutan positif ataukah negatif Covid-19, akan diketahui melalui pemeriksaan swab dengan metode Polymerase Chain Reaction (PCR).

“Sampel swab 2 PDP yang baru itu juga sudah diambil, dan dikirim ke Laboratorium Mikrobiologi RSUP Sanglah. Kami masih menunggu hasilnya. Sama juga dengan sampel swab 2 PDP sebelumnya, juga masih menunggu hasil dari provinsi,” ujar Arisantha yang juga Kepala Bidang Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit pada Dinas Kesehatan Jembrana,  didampingi Sekretaris Satgas Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Jembrana yang juga Kepala BPBD Jembrana I Ketut Eko Susila Artha Permana.

Kepada masyarakat, Arisantha meminta agar bersabar menunggu kepastian hasil tes PCR tehadap 4 PDP tesebut. Nantinya, jika sudah ada hasil tes PCR-nya, pasti akan segera diumumkan pihak Kementerian Kesehatan RI, yang nantinya meneruskan ke Satgas Provinsi dan kemudian disampaikan ke Satgas Kabupaten. “Nanti pasti ada hasil sesuai tes PCR, dan secepatnya kami sampaikan. Untuk pengumuman di daerah, kami selalu berkoordinasi dengan Satgas pusat dan provinsi. Sehingga informasi itu benar-benar valid,” ucapnya.

Secara akumulasi dari Maret lalu hingga Minggu (5/4), sebenarnya ada 5 PDP di Jembrana. Tetapi untuk 1 PDP yang bulan Maret lalu telah sembuh dan hasil tes PCR-nya sudah dipatikan negatif Covid-19. Sedangkan untuk akumulatif ODP hingga Minggu kemarin, tercatat sebanyak 77 orang. Dari 77 ODP itu, 46 di antarnya masih dalam pemantauan. Sedangkan 31 lainnya, sudah menyelesaikan isolasi selama 14 hari dan telah dipastikan sehat. *ode

Komentar