nusabali

Giliran Santri Putri Tiba di Terminal Mengwi

Akan Jalani Karantina Mandiri Selama 14 Hari

  • www.nusabali.com-giliran-santri-putri-tiba-di-terminal-mengwi

MANGUPURA, NusaBali
Terminal Tipe A Mengwi kembali menerima ratusan santri Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah Sukorejo, Situbondo, Jawa Timur, Jumat (3/4) siang sekitar pukul 14.15 Wita.

Kali ini yang tiba merupakan santri putri, dengan jumlah total keseluruhan sebanyak 349 orang. Sama dengan perlakuan saat santri putra datang sebelumnya, para santri putri langsung menjalani pemeriksaan pencegahan virus Corona atau Covid-19. Para santri diminta turun satu per satu menuju wastafel yang telah disediakan. Mereka diminta untuk mencuci tangan. Selesai cuci tangan dilanjutkan dengan masuk ke bilik sterilisasi, kemudian melewati petugas kesehatan guna mengukur suhu tubuh. Baru setelah itu diperkenankan bertemu keluarga yang menjemput.

Pengawas Satgas Covid-19 LPBI NU Provinsi Bali, H Wartha D. Sandi, saat ditemui mengatakan, santri yang tiba di Terminal Mengwi kemarin berasal dari satu pondok pesantren yakni Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah Sukorejo, Situbondo. “Berdasarkan surat sehat mereka dinyatakan sehat semua. Namun, sesuai dengan protap penanganan Covid-19, kami juga melakukan pengecekan ulang di sini (Terminal Mengwi, red),” katanya.

Adapun total santri keseluruhan sesuai data yang diterima, ungkap H Wartha, berjumlah 349 orang. “Mereka diangkut menggunakan tujuh bus. Untuk bus pertama yang tiba di Terminal Mengwi, berjumlah 62 orang,” paparnya.

Disinggung apakah semua santri ini tujuan akhirnya di Kabupaten Badung, H Wartha mengungkapkan sebagian besar ke Badung. “Untuk tujuan akhir di Badung datanya sebanyak 211 santri, yang ke Denpasar ada 138 santri. Tapi yang di Denpasar juga turun di sini. Karena sesuai ketentuan bus AKAP hanya boleh menurunkan penumpang di Terminal Mengwi,” tegasnya.

Walau telah melalui serangkaian pemeriksaan guna mencegah Covid-19, para santri tetap diminta menjalani karantina mandiri di rumah masing-masing. Karantina mandiri berlaku selama 14 hari.

Sementara, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Badung IGAK Suryanegara turut memantau langsung kedatangan para santri di Terminal Mengwi. “Iya, sekarang merupakan kedatangan santri terbanyak. Sebetulnya ada yang tujuannya ke Denpasar, namun tetap turun di sini (Terminal Mengwi). Tapi tadi sudah ada pengawalan Dishub dan Satpol PP Denpasar,” ungkapnya.

Untuk diketahui, rombongan santri putra dari Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah Sukorejo, Situbondo telah pulang lebih awal pada Rabu (1/4) lalu. Rombongan santri putra yang berjumlah 163 orang tiba di Terminal Mengwi dengan diangkut menggunakan 4 bus. Seluruh santri dinyatakan dalam kondisi sehat. *asa

Komentar