nusabali

Wisman Distop, Hanya 4 Penerbangan Internasional

  • www.nusabali.com-wisman-distop-hanya-4-penerbangan-internasional

MANGUPURA, NusaBali
Pasca diberlakukannya larangan bagi wisatawan mancanegara masuk ke Pulau Dewata, Angkasa Pura I selaku pengelola Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Tuban Kecamatan Kuta, Badung mencatat hanya ada 4 penerbangan yang masuk pada Kamis (2/4).

Empat penerbangan itu pun  mengangkut Pekerja Migran Indonesia (PMI). Communication and Legal Manager Angkasa Pura I Arie Ahsanurrohim,  menerangkan pemberlakuan Peraturan Menteri Hukum dan HAM tentang pembatasan wisatawan asing masuk Indonesia per Kamis (2/4) pukul 00.00 Wita, hanya ada 4 penerbangan yang dilayani oleh Bandara Ngurah Rai. Keempat maskapai itu masing-masing berasal dari Madrid, Incheon, dan dua dari Doha. “Memang yang tiba itu membawa PMI,” kata Arie, Kamis (2/4) sore seraya menyebut penerbangan yang meninggalkan Bali di rute internasional tercatat ada 7 maskapai.

Untuk rute domestik, Arie menyatakan saat ini masih melayani sebanyak 43 penerbangan yang tiba di Bandara Ngurah Rai. Sementara yang berangkat sebanyak 39 penerbangan. Sehingga keseluruhan yang masih dilayani sebanyak 82 penerbangan. “Kalau untuk rute domestik masih banyak. Karena, yang terdampak dalam Peraturan Menteri itu kan hanya wisatawan asing saja,” ucap Arie.

Di sisi lain, Kepala Otoritas Bandara (Otban) Wilayah IV Elfi Amir menerangkan, maskapai yang mengangkut PMI pada Kamis pagi pukul 09.37 Wita adalah Air Europe dengan nomor registrasi ECNFM tipe 787-800 mengangkut sebanyak 274 PMI yang berasal dari Madrid. “Kalau maskapai itu carteran dan tiba di Bandara Internasional Ngurah Rai tadi (kemarin) pagi. Ratusan PMI itu langsung dilakukan pemeriksaan ketat,” ujar Elfi Amir.

Sesuai SOP, para PMI itu mendapatkan penanganan mulai dari pemeriksaan suhu tubuh, rapid test, dan pemeriksaan lainnya guna memastikan para PMI dalam kondisi sehat saat masuk Bali. *dar

Komentar