nusabali

Sebanyak 20 Bed Sudah Siap di RS Nyitdah

  • www.nusabali.com-sebanyak-20-bed-sudah-siap-di-rs-nyitdah

TABANAN, NusaBali
Persiapan Rumah Sakit Nyitdah di Kecamatan Kediri, Tabanan, yang disiapkan untuk merawat pasien Covid-19 nyaris rampung.

Bahkan sebanyak 20 bed sudah siap untuk menerima pasien Covid-19. Jubir Penanganan Covid-19 Tabanan I Putu Dian Setiawan, mengungkapkan Pemerintah Kabupaten Tabanan terus ngebut menyiapkan Rumah Sakit Nyitdah. Saat ini sebanyak 20 bed sudah siap. “Jadi ketika ada pasien dalam pengawasan (PDP) sudah siap menerima,” kata Dian Setiawan, Kamis (2/4).

Selain itu, menurut Dian Setiawan, sudah diserahkan petugas kesehatan dari BRSU Tabanan dan Dinas Kesehatan Tabanan sebanyak 30 orang. “Nantinya mereka ini akan bertugas di ruang isolasi RS Nyitdah,” imbuhnya.

Meskipun sudah nyaris rampung, masih ada beberapa kendala teknis yang perlu disempurnakan. Seperti perbedaan regulator oksigen, penggunaan nurse call, dan belum tersedia telepon. Namun hal itu masih bisa diatasi dengan menggunakan HP atau tablet perawat yang bertugas. “Sistem informasi juga masih dicatat secara manual. Sambil jalan kita akan sempurnakan,” tutur Dian Setiawan.

Sementara itu, jumlah orang dalam pemantauan (ODP) mulai berkurang. Saat ini jumlah ODP sebanyak 148 orang, berkurang 2 orang karena sudah melewati masa isolasi selama 14 hari. “Untuk pasien WNA dua orang masih dirawat. Belum keluar tes lanjutannya,” ucap Dian Setiawan.

Mantan Kabag Humas Setda Tabanan ini menambahkan untuk pencegahan Covid-19 di Tabanan, pemasangan bilik disinfektan sudah meluas di pasar. Mulanya hanya pasar yang ada di kota, kini pemasangan sudah sampai di Pasar Bajera,  Pasar Baturiti, dan Pasar Dauh Pala. “Penyemprotan juga rutin digelar bekerjasama dengan aparat yang ada di kecamatan dan desa,” tandasnya. *des

Komentar