nusabali

Empat PDP Buleleng Diisolasi dan Tunggu Hasil Lab Lagi

  • www.nusabali.com-empat-pdp-buleleng-diisolasi-dan-tunggu-hasil-lab-lagi

Sebanyak empat PDP di Buleleng yang diisolasi di RS Pratama Giri Emas memiliki keterkaitan satu sama lain.

SINGARAJA, NusaBali
Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Buleleng, Putu Agus Suradnyana,  dalam siaran update penanganan Covid-19, Kamis (2/4),  mengungkapkan bahwa empat Pasien Dengan Pengawasan (PDP) Covid-19 Buleleng yang dirawat di RS Pratama Giri Emas positif Covid-19. “Mereka masih menjalani masa isolasi dan menunggu hasil uji laboratorium lanjutan,” kata Agus Suradnyana yang juga Bupati Buleleng ini.

Di antara PDP tersebut diakui ada yang sudah menjalani isolasi lebih dari 14 hari. Namun mereka akan menjalani masa isolasi sampai dinyatakan benar-benar pulih. Sesuai protap, PDP yang dinyatakan positif harus menjalani beberapa kali tes hapusan tenggorokan, untuk memastikan virus Covid-19, tak ada lagi di tubuhnya. “Kalau yang positif terus dites sampai hasil tes swab dua kali terakhir negatif dan setelah negatif terakhir kali diisolasi kembali 14 hari,” ucap Putu Agus Suradnyana.

Dari hasil penanganan PDP Covid-19, dari 4 orang PDP memang saling terkait satu dengan yang lainnya. PDP 06, 07 dan 08 juga disebut mendapatkan virus Covid-19 dari PDP 03. Mereka di antaranya sopir yang menjemput PDP 03 di bandara dan juga petugas medis 07 dan 08 yang melakukan perawatan selama PDP 03 di ruang isolasi RSUD Buleleng.

Saat ini seluruh PDP yang masih menjalani isolasi dan sudah dipindahkan dari RSUD Buleleng ke RS Pratama Giri Emas masih menunggu hasil tes swab lanjutan. PDP 03 dinyatakan sudah menjalani 4 kali tes swab dua kali positif dan saat ini masih menunggu hasil tes swab lanjutan.

PDP 03 juga kondisinya sudah sangat stabil tanpa gejala klinis. Sedangkan PDP 06, 07, 08  sudah menjalani dua kali tes swab, tes pertama dinyatakan positif seluruhnya dan kini masih menunggu hasil tes swab lanjutan. “Kondisi PDP sudah sangat stabil. Hanya PDP 06 dan 08 masih mengalami sakit tenggorokan dan PDP 07 masih mengalami mual,” kata Agus Suradnyana.

Selain itu hingga Kamis kemarin GTPP Covid-19 Buleleng masih melakukan pemantauan ketat terhadap 4 Orang Dengan Pemantauan (ODP) dan 529 Orang Tanpa Gejala (OTG). Lima ratusan OTG terdiri dari 417 orang pekerja kapal pesiar, 51 ornag TKI, 1 orang WNA, WNI pulang dari luar negeri 12 orang dan orang yang datang dari daerah transmisi lokal di Indonesia sebanyak 37 orang.

Sementara itu Agus Suradnyana juga menjelaskan setelah empat orang PDP dipindahkan ke RS Pratama Giri Emas yang ditetapkan sebagai rumah sakit fokus penanganan Covid-19 di Buleleng ruang isolasi RSUD Buleleng segera akan disterilisasi kembali sesuai protap. “Setelah kosong bersihkan dulu bekas barang yang sempat pakai sesui SOP mereka hilangkan virus dan bakteri.  Nanti juga akan ada tes lihat kondisi ruangan aman digunakan kembali. Ini juga memberikan rasa aman dan nyaman petugas medis yang dekat dengan ruang isolasi,” ungkap dia.*k23

Komentar