nusabali

Bakal Disediakan 22 Bed

RSU Negara Akan Ditambah Ruang Isolasi

  • www.nusabali.com-bakal-disediakan-22-bed

Pemkab Jembrana juga menyiapkan Hotel Jimbarwana sebagai tempat istirahat bagi tenaga medis yang menangani kasus Covid-19.

NEGARA, NusaBali

Pemkab Jembrana berencana menambah ruang isolasi di RSU Negara setelah ditetapkan sebagai Rumah Sakit Rujukan Kasus Covid-19. Saat ini ada 2 ruang isolasi dengan 10 bed yang tersedia. Rencananya akan ditambah 3 ruangan yang bisa diisi 12 bed, sehingga nantinya tersedia 5 ruang isolasi dengan total 22 bed untuk merawat pasien terkait Covid-19.

Hal tersebut terungkap saat Bupati Jembrana I Putu Artha mengecek kesiapan ruang isolasi di RSU Negara, Rabu (1/4) siang. Saat pengecekan tersebut, 5 ruangan yang bisa dijadikan ruang isolasi itu adalah bekas areal ruangan Sal C saat pembangunan gedung baru RSU Negara tahun lalu. Dari 5 ruangan di lantai III itu, 2 ruangan telah siap digunakan. Sedangkan 3 ruangan lainnya, tinggal ditambah bed dan perlengkapan lainnya.

“Tinggal tambah bed dan perlengkapannya. Yang lainnya itu bisa ditambah lagi 12 bed. Nanti kita anggarkan untuk penambahan bed dan perlengkapannya,” ujar Bupati Artha.

Bupati Artha yang didampingi Setda Jembrana I Made Sudiada, menjelaskan untuk mengadakan bed, ventilator, dan berbagai peralatan lainnya, akan diberikan dana sekitar Rp 5 miliar kepada RSU Negara. Anggaran tersebut akan dialokasi melalui dana untuk Satgas Penanggulangan Covid-19 Jembrana. Saat ini sudah terkumpul sekitar Rp 23 miliar lewat penyisiran anggaran di jajaran OPD Pemkab Jembrana.

“Selain menambah ruang isolasi dan perlengkapan yang dibutuhkan rumah sakit, nanti juga dialokasikan untuk pemberian insentif kepada tenaga medis yang berkaitan dengan Covid-19. Termasuk untu para tenaga medis itu, sudah kami siapkan tempat istirahat di Hotel Jimbarwana (hotel milik Pemkab Jembrana). Jadi biar tidak jauh dari rumah, silakan istirahat di sana,” tutur Bupati Artha.

Menurutnya, dalam penanggulangan Covid-19, Pemkab Jembrana tetap akan memaksimalkan berbagai kesiagaan di RSU Negara. Terlebih Gubernur Bali Wayan Koster, juga telah menetapkan RSU Negara sebagai salah satu Rumah Sakit Rujukan Kasus Covid-19.

“Kapan pun dibutuhkan, kita sudah siap untuk ruang isolasi ataupun berbagai perlengkapannya. Jangan sampai hanya ada ruangan saja. Tetapi harus benar-benar tersedia ruangan plus kelengkapannya. Untuk realisasinya, nanti tinggal dikoordinasikan RSU Negara dengan kami di pemerintah daerah,” ujarnya.

Sementara Direktur RSU Negara dr I Gusti Bagus Ketut Oka Parwata, mengatakan selain persiapan ruang isolasi, RSU Negara juga telah menyiagakan tenaga medis dan paramedis untuk menangani pasien terkait Covid-19. Sementara untuk kelengkapan, khususnya alat pelindung diri (APD), sementara masih tersedia 170 buah.

“Sesuai instruksi Pak Bupati, ya kami tetap memaksimalkan kesiagaan di RSU Negara. Nanti kami juga akan segera berkoordinasi agar tiga ruangan yang kita siapkan untuk tambahan ruang isolasi itu, dapat segera difungsikan,” ujarnya. *ode

Komentar