nusabali

Semprotkan Disinfektan Polres Kerahkan Water Canon

  • www.nusabali.com-semprotkan-disinfektan-polres-kerahkan-water-canon

SEMARAPURA, NusaBali
Polres Klungkung ambil peran dalam memutus rantai penyebaran virus Covid-19.

Kapolres Klungkung AKBP I Komang Sudana memimpin penyemprotan  disinfektan secara massal di sepanjang Jalan Untung Surapati, Semarapura, Selasa (31/3), menggunakan kendaraan water canon. Hal sama juga dilakukan Polres Gianyar di Gianyar.

"Ini untuk menindaklanjuti maklumat Kapolri tentang Antisipasi Perkembangan Pandemik Virus Corona," ujar Kapolres Klungkung AKBP I Komang Sudana.

Dia mengharapkan langkah ini dapat menyelamatkan masyarakat  terhadap paparan virus Corona.  Sementara itu, Polres Gianyar menggandeng Pemkab Gianyar, Kodim, dan Yonzipur, menyemprotkan desinfektan menyeluruh di Gianyar, Selasa (31/3). Penyemprotan tidak hanya dilakukan pada ruas jalan, namun lebih spesifik pada fasilitas umum yang kerap dikunjungi masyarakat, seperti pasar umum. Kapolres Gianyar AKBP I Made Adnyana, di sela-sela kegiatan, menjelaskan penyemprotan juga merata di tujuh kecamatan. Kegiatan melibatkan sejumlah unit kendaraan Sabhara Polres Gianyar. "Semua kendaraan dinas baik itu fasilitas TNI/Polri hingga Pemda. Kami libatkan satu unit mobil AWC (water canon), termasuk dari TNI dan Pemda mengerahkan 6 unit mobil pemadam kebakaran yang disebar per kecamatan satu unit," bebernya.

Penyemprotan juga dilakukan secara manual oleh petugas gabungan, menyasar areal publik. "Penyemprotan manual oleh seluruh unsur, khususnya di tempat publik," jelasnya.

Kapolres Dewa Adnyana mengapresiasi antusias yang mendukung upaya ini dengan melakukan penyemprotan mandiri di rumah masing-masing. "Termasuk kami melihat masyarakat kesadaran sendiri di rumah masing-masing juga dilaksanakan," katanya.

Kapolres Gianyar pun mengajak seluruh komponen masyarakat mendukung imbauan pemerintah, dalam mencegah penyebaran Covid 19. Terkait ritual adat yang masih berlangsung di beberapa tempat, dia imbau agar tidak menyertakan orang banyak.’’Maksimal kegiatan diselenggarakan 20 orang, misal ngaben cukup keluarga dan pemuput karya saja. Warga lain kalau mau memberi doa atau lainya bisa dari rumah,” ujarnya. Water Canon menampung 5.000 liter disinfektan. Di setiap kecamatan dikerahkan 6 unit mobil Damar. *wan, nvi

Komentar