nusabali

Pemkot Denpasar Diminta Segera Siapkan Tempat Isolasi dan Istirahat Tenaga Medis

  • www.nusabali.com-pemkot-denpasar-diminta-segera-siapkan-tempat-isolasi-dan-istirahat-tenaga-medis

DENPASAR, NusaBali
Wakil Ketua DPRD Kota Denpasar dari Fraksi Golkar, I Wayan Mariyana Wandhira mendorong Pemerintah Kota Denpasar agar segera melakukan proses penyediaan tempat isolasi dan tempat peristirahatan tenaga medis.

Wandhira mengungkapkan, Pemkot Denpasar sudah seharusnya mempersiapkan tempat isolasi yang nantinya bisa dipakai untuk isolasi Pasien Dalam Pengawasan (PDP) maupun untuk pasien positif. Perlunya penyediaan tempat untuk mengantisipasi lonjakan pasien yang harus ditangani, sementara Denpasar hanya memiliki satu rumah sakit.

Tempat peristirahatan khusus juga diperlukan untuk tenaga medis yang menangani langsung pasien yang terjangkit virus corona (Covid-19). Hal itu dilakukan untuk mengurangi tenaga medis pulang ke rumah langsung setelah merawat pasien agar tidak menjadi carrier bagi keluarga mereka.

Dalam hal ini, Wandhira menyarankan untuk memanfaatkan bangunan-bangunan di kawasan Denpasar yang tidak terpakai. "Ini harus cepat dilakukan karena kita tahu bahwa yang terindikasi Covid-19 di Denpasar sudah seratusan bahkan ada dua yang positif. Ini jangan dianggap enteng pemerintah harus segera mengambil langkah jika tidak jangan sampai kedepan ini lambat diantisipasi," ujarnya di Denpasar, Senin (30/3).

Dikatakan Wandhira, salah satu contoh yang bisa digunakan yakni bangunan eks Adora. Masih banyak lagi bangunan yang bisa dimanfaatkan. Dan saat ini, Wandhira juga menginginkan pemerintah segera membuat regulasi. "Cepatlah buat regulasi, jika anggaran kurang dalam melakukan antisipasi bisa diambil dari anggaran pembangunan seperti infrastruktur dan kegiatan-kegiatan ceremony lainnya," jelasnya.

Jika ini dilakukan pihaknya meyakini, dewan juga akan setuju untuk penanganan Covid-19. "Saya rasa semua akan setuju untuk melakukan pengalihan anggaran. Jadi tidak ada salahnya semua difokuskan ke penanganan Covid-19. Karena ini bisa dibilang mengerikan sekarang," imbuhnya.

Wandhira juga mengingatkan, pemerintah juga tidak mengabaikan keselamatan tenaga medis. Mereka wajib dilengkapi dengan Alat Pelindung Diri (APD) jadi jangan sampai kembali terjadi adanya pemakaian jas hujan. Pemerintah juga harus melakukan pengadaan APD agar semua terlindungu. "Mereka garda terdepan tidak boleh ada yang tidak terlindungi," pungkasnya. *mis

Komentar