nusabali

Melasti Karya Turun Kabeh Tetap Jalan

  • www.nusabali.com-melasti-karya-turun-kabeh-tetap-jalan

AMLAPURA, NusaBali
Bendesa Adat Besakih, Kecamatan Rendang, Karangasem, Jro Mangku Widiarta, menegaskan melasti karya Ida Bhatara Turun Kabeh di Pura Penataran Agung Besakih berjalan seperti biasa.

Melasti ke Tegal Suci, Banjar Tegenan, Desa Menanga, Kecamatan Rendang digelar pada Redite Umanis Merakih, Minggu (5/4). Sementara puncak Ida Bhatara Turun Kabeh pada Anggara Pon Merakih, Selasa (7/4).

Menurut Jro Mangku Widiarta, pembatasan menghadirkan umat saat melasti dan karya Ida Bhatara Turun Kabeh tidak diberlakukan. Pangayah seperti biasa ngayah bahkan melibatkan semua pra gunung. Persiapan Karya Tawur Tabuh Gentuh dan Karya Ida Bhatara Turun Kabeh juga telah dilaksanakan. Saat melasti tetap menghadirkan ribuan umat untuk mundut pralingga dan pratima Ida Bhatara dari seluruh pura yang ada di 18 wewidangan Pura Besakih.

Dijelaskan, setiap tahun genap, melasti digelar di Tegal Suci, mata air Banjar Tegenan. Sedangkan tahun ganjil di mata air Yehsah, Banjar Susut, Desa Muncan, Kecamatan Selat. “Palinggih Sanggar Tawang di Bencingah Agung telah dibangun,” ungkap Jro Mangku Widiarta, Kamis (19/3). Yajamana Karya Ida Bagawan Pemayun dan Ida Pedanda Wayan Tianyar  dari Geria Menara, Banjar Punia, Desa Sinduwati. Wiku Tapini Ida Pedanda Istri Karang dari Geria Suci, Banjar Brahmana, Desa Sibetan, Kecamatan Bebandem dan Ida Pedanda Istri Anom dari Geria Kanginan, Banjar Brahmana, Desa Sibetan. *k16

Komentar