nusabali

Desa Adat Penglipuran Gelar Ngusaba Bantal

  • www.nusabali.com-desa-adat-penglipuran-gelar-ngusaba-bantal

BANGLI, NusaBali
Desa Adat Penglipuran, Kelurahan Kubu, Kecamatan/Kabupaten Bangli menggelar upacara Ngusaba Bantal di Pura Ratu Ayu Melasem, Buda Pon Pujut, Rabu (18/3).

Ngusaba Bantal yang diikuti seluruh krama adat Penglipuran ini sebagai wujud syukur usai panen padi. Sesaji yang dihaturkan berupa jajan bantal dua warna dibungkus daun enau. Bendesa Adat Penglipuran, I Wayan Supat, menjelaskan Ngusaba Bantal dilaksanakan setiap tahun sekali pada Sasih Kasanga. Pelaksanaan upacara usai Purnama Kasanga dengan wewaran Kajeng. “Ngusaba Bantal menghindari Soma (Senin), Sukra (Jumat), dan Pasah,” ungkap Wayan Supat. Ngusaba Bantal di Pura Ratu Ayu Melasem dilaksanakan pagi hari. Sebelum upacara dimulai, krama lanang melakukan pembersihan di areal pura.

Dijelaskan, Ngusaba Bantal sebagai wujud syukur umat atas anugerah yang dilimpahkan selama ini. “Ngusaba Bantal dilaksanakan usai panen raya. Sebagai wujud syukur kami menghaturkan jajan bantal yang berbahan beras dan ketan,” ujarnya. Menurut Wayan Supat, jajan bantal yang dihaturkan ada dua jenis yakni jajan bantal warna putih dan warna merah. Jajan bantal warna putih dalam proses pembuatannya tidak dicampur bahan lain, sedangkan bantal merah menggunakan gula aren. “Kalau orang tua dulu bilang bantal merah adalah bantal hitam. Warna putih dan hitam ini melambangkan rwa bhineda,” jelasnya.

Pembungkus bantal menggunakan daun enau. Untuk memudahkan membedakan jajan bantal putih dan merah, maka daun enau dibalik. “Daun enau warna putih digunakan untuk jajan bantal warna merah, sedangkan warna hijau untuk membungkus jajan bantal putih,” jelas Wayan Supat. Proses pembuatan tidak ada beda dengan pembuatan jajan bantal umumnya. Ditegaskan, jajan bantal yang belum dihaturkan tidak boleh dicicipi. Jika dalam pembuatan jajan bantal ada yang ingin mencoba, maka pembuatnya harus menjatuhkan lebih dulu jajan yang akan diberikan.

Dicontohkan, jika anaknya minta jajan sedikit untuk dicoba, maka sang ibu harus menjatuhkan jajan tersebut. Jajan yang jatuh dianggap sudah kotor sehingga tidak layak dihaturkan. “Saat menjatuhkan jajan, sang ibu mengatakan hus… hus… hus. Jika kasarnya ibaratnya binatang,” jelas Wayan Supat. Dalam pelaksanaan Ngusaba Bantal, masing-masing tandingan berisikan 11 jajan bantal putih dan 11 jajan bantal merah sehingga jumlahnya 22 buah. Ngusaba Bantal diikuti oleh seluruh krama. Bagi yang sudah kawin wajib menghaturkan sesajan. Ngusaba Bantal dipuput oleh jro kubayan.

Sebelum tahun 2017, hanya beberapa orang yang dapat ke utama mandala Pura Ratu Ayu Melasem. Palinggih di Pura Ratu Ayu Melasem berupa sebongkah batu di tanah. Pada 2017 dilakukan penataan, palinggih berupa batu dibuatkan dasar sehingga tidak langsung berada di tanah. Pura juga sudah dibuatkan panyengker permanen, dulunya hanya pagar dari tanaman. “Di Pura Ratu Ayu Melasem hanya ada satu palinggih,” imbuhnya. *esa

Komentar