nusabali

RSU Bangli Batasi Pengunjung Pasien

  • www.nusabali.com-rsu-bangli-batasi-pengunjung-pasien

BANGLI, NusaBali
Cegah penyebaran virus Corona, RSU Bangli batasi jumlah pengunjung maupun penunggu pasien.

Kebijakan yang dirasakan sulit bagi pasien maupun keluarga pasien ini akan diupayakan secara bertahap. Manajemen juga menambah hand sanitizer di rumah sakit.  Direktur RSU Bangli, dr Nyoman Arsana, mengatakan aturan pembatasan pembesuk pasien untuk pencegahan penyebaran virus Corona. “Kalau memungkinan tak usah membesuk pasien di rumah sakit. Nanti kunjungi di rumah,” ujarnya, Selasa (17/3). Direktur asal Desa Songan, Kecamatan Kintamani ini tidak menampik banyak pasien yang dibesuk dalam jumlah banyak. Penunggunya juga lebih dari satu.

dr Nyoman Arsana berharap, penunggu pasien diusahakan satu orang saja. “Untuk perawatan serahkan saja ke kami. Satu orang dari pihak keluarga sudah cukup untuk mendampingi pasien,” jelas dr Nyoman Arsana. Diingatkan, saat ini siswa melaksanakan kegiatan belajar di rumah, jangan dimanfaatkan untuk membawa anaknya ke rumah sakit. “Karena tidak sekolah, malah diajak ramai-ramai besuk keluarga yang menjalani perawatan di rumah sakit,” sebutnya.

Kebijakan pembatasan jumlah pembesuk dan penunggu pasien akan dikoordinasikan ke Dinas Kesehatan agar disosialisasikan ke desa-desa lewat petugas Puskesmas dan Puskesmas Pembantu. “Kami harap masyarakat mengerti dan mengikuti instruksi yang dikeluarkan pemerintah,” pintanya. Terkait pekerja restoran di Kuta asal Bangli dengan keluhan batuk dan demam sudah dipulangkan hari itu juga. Dijelaskan, hasil pemeriksaan tidak mengarah pada Covid-19 (Corona). “Tetap dipantau oleh petugas puskesmas,” jelasnya.

dr Nyoman Arsana mengatakan, pasien itu sempat ditempatkan di ruang isolasi, karena ruang isolasi kosong. “Ruang isolasi tidak hanya untuk penanganan Corona, juga untuk penanganan pasien dengan penyakit menular,” terangnya. Diakui pula ada warga dari Kecamatan Susut yang baru pulang dari kapal pesiar dengan inisiatif sendiri memeriksakan diri ke RSU Bangli. Hasil pemeriksaan, kondisinya normal. “Sebelum dipulangkan ke Bali, yang bersangkutan sudah melalui tahap pemeriksaan dan dinyatakan sehat,” jelasnya. *esa

Komentar