nusabali

Siswa dan Pegawai Beraktivitas di Rumah

  • www.nusabali.com-siswa-dan-pegawai-beraktivitas-di-rumah

SEMARAPURA, NusaBali
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta merapatkan Satuan Tugas (Satgas) Penanggulangan Covid-19 di Kabupaten Klungkung, di ruang rapat Praja Mandala Kantor Bupati Klungkung, Senin (16/3) pagi.

Bupati langsung menginstruksikan kepada jajaran agar para siswa dan pegawai beraktivitas di rumah masing-masing. Bupati didampingi Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta, Sekda Klungkung I Gede Putu Winastra, Satgas yang meliputi protokol kesehatan, protokol pendidikan, protokol komunikasi, protokol publik dan trasportasi serta protokol perbatasan.

Bupati Suwirta menyatakan akan mengeluarkan surat edaran (SE). Isi SE agar semua OPD melanjutkan penyemprotan disinfektan di kantor masing-masing, di tempat-tempat umum, seperti objek wisata, pasar, pertokoan. Kegiatan ini menggunakan anggaran pemeliharaan kantor atau penggeseran anggaran.

Untuk SD, SMP, SMA, SMK, SLB dan sederajat mulai Senin (16/3) – Senin (30/3) nanti, agar meniadakan kegiatan belajar mengajar di sekolah. Proses belajar mengajar di rumah dengan menggunakan media belajar digital/online. Pejabat eselon 2, 3 dan 4 agar bekerja di kantor dengan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat. ‘’Bagi staf/pelaksana dapat bekerja di rumah kecuali yang piket dan melaporkan kepada pimpinan," ujar Bupati Suwirta.

Diharapkan, para pegawai yang bekerja di rumah dan siswa yang belajar di rumah agar tidak ke luar rumah. Kecuali, untuk pemeriksaan kesehatan dan kebutuhan yang sangat mendesak. Kegiatan pemerintahan yang melibatkan orang banyak seperti rapat-rapat, seminar, pelatihan, dan lain-lain agar ditunda sampai 30 Maret 2020. Kegiatan keramaian dan hiburan agar ditiadakan atau dibatasi.

Bupati Suwirta minta masyarakat untuk menyeimbangi dengan langkah-langkah niskala seperti ngaturang piuning, guru piduka dengan keyakinan masing-masing. “Apa yang kita yakini mampu menangkal atau membatasi ruang gerak virus ini, lakukan dengan sebaik-baiknya. Sedukanya kita, sesedihnya kita, sebahagianya kita itu hanya sementara. Mari kita menyikapi ini degan pikiran tenang, jangan panik dan kita harus menjadi panduan dan fokus dalam menanggulangi virus Covid-19 ini,” ujarnya. *wan

Komentar