nusabali

Pohon di Alas Kedaton Tumbang Tutup Akses Jalan Dua Desa

  • www.nusabali.com-pohon-di-alas-kedaton-tumbang-tutup-akses-jalan-dua-desa

TABANAN, NusaBali
Pohon Mahoni berdiameter 60 centimeter yang tumbuh di hutan Alas Kedaton, Desa Kukuh, Kecamatan Marga, Tabanan, tumbang hingga menutup akses jalan penghubung Desa Kukuh, Kecamatan Marga dengan Desa Banjar Anyar, Kecamatan Kediri, Kamis (12/3).

Penyebab pohon tumbang diperkirakan karena tidak kuat menahan dahan. Informasi yang dihimpun, pohon tumbang pertama kali diketahui oleh warga setempat. Setelah itu dilaporkan ke manajemen DTW Alas Kedaton dan ke aparat Desa Kukuh, Kecamatan Marga. Karena pohon yang tumbang berdiameter besar, akhirnya dihubungi BPBD Tabanan untuk membantu penanganan.

Manajer DTW Alas Kedaton I Wayan Semadi, menjelaskan pohon Mahoni tumbang sekitar pukul 15.30 Wita. Pohon dengan tinggi mencapai 15 meter tersebut dari hutan Alas Kedaton tumbang ke jalan. “Sehingga memang sempat tutup akses jalan Desa Kukuh – Desa Banjar Anyar,” ungkapnya.

BPBD Tabanan mengerahkan tujuh personel untuk mengevakuasi pohon yang tumbang, dengan cara memangkas menggunakan gergaji mesin (senso). “Sudah diatasi, akse jalan juga sudah lancar,” kata Wayan Semadi. Menurutnya tidak ada kerugian akibat pohon tumbang tersebut karena tumbangnya ke arah jalan. *des

Komentar