nusabali

Subak Semaagung Terima Bantuan Pompa dari Jepang

  • www.nusabali.com-subak-semaagung-terima-bantuan-pompa-dari-jepang

SEMARAPURA, NusaBali
Pemerintah Jepang menyerahkan bantuan pompa air  bertenaga surya untuk irigasi pertanian kepada Subak Semaagung, Desa Tusan, Kecamatan Banjarangkan, Klungkung, Selasa (10/3).

Bantuan diserahkan Sekretaris Duta Besar Jepang di Indonesia, Yosidha Kazuho kepada Kelian Subak Semaagung I Wayan Darta.  Hadir, Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta, Konsulat Jenderal Jepang di Denpasar Ohashi Koichi, Kepala Dinas Pertanian Klungkung Ida Bagus Juania serta krama Subak Semaagung.

Dalam sambutannya, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, dibacakan Wabup Kasta, menyatakan sangat mengapresiasi program hibah dari Jepang untuk pengadaan air irigasi itu. "Atas nama Pemkab Klungkung, saya mengucapkan banyak terimakasih kepada Pemerintah Toyama City, Jepang dan Lembaga CORE (Center Of Excellence Comonity Base Renwable Energy) Unud Denpasar," ujarnya.

Lebih lanjut, Wabup Kasta menyampaikan krama Subak Semaagung agar menjaga kemitraan yang sudah terjalin dan bekerja guna terwujudnya Klungkung yang unggul dan sejahtera. "Khususnya kepada krama Subak Semaagung agar memanfaatkan hibah ini secara maksimal dan menjaga keberadaan proyek hibah dari Pemerintah Toyama City, Jepang dengan baik," harapnya.

Sekretaris Duta Besar Jepang di Indonesia Yoshida Kasuno mengatakan bantuan mesin pompa air ini menggunakan tenaga surya sebanyak seratus panel dengan nilai Rp 1,2 miliar. Dia berharap bantuan ini agar dijaga dan dimanfaatkan dengan maksimal untuk pengairan lahan pertanian di Subak Semaagung. Dengan bantuan ini diharapkan dapat meningkatkan penghasilan dan perekonomian para petani. "Mari jaga dan manfaatkan bantuan ini dengan maksimal. Semoga dengan bantuan ini akan meningkatkan penghasilan para petani," ujarnya. *wan

Komentar