nusabali

KESEHATAN: Asupan untuk Menjaga Kekuatan Tubuh

  • www.nusabali.com-kesehatan-asupan-untuk-menjaga-kekuatan-tubuh

Virus mudah bersilewaran dimana-mana. Apalagi saat ini kasus virus corona merebak di banyak negara.

Semua berupaya mencari pengobatan medisnya. Para pakar mengingatkan, pencegahan juga tak kalah pentingnya. Salah satunya dengan meningkatkan imunitas tubuh. Selain dengan meningkatkan aktivitas harian, imunitas juga bisa ditingkatkan dengan mengonsumsi sejumlah makanan.

Makanan memiliki peran kunci dalam meningkatkan imunitas tubuh. "Itulah mengapa kita dianjurkan menghindari makanan mentah, termasuk daging mentah, telur mentah, hingga sayur mentah untuk menjaga imunitas,"  kata Dr Saras Salil, dokter yang berbasis di New Delhi, India, seperti dikutip laman Times of India.

Beberapa makanan yang dapat membantu meningkatkan imunitas, seperti dilansir dari kompas.com, adalah:
1. Bawang putih.
Bawang adalah bahan anti-virus kuat yang dapat dikonsumsi mentah, dihaluskan atau dapat ditambahkan ke dalam sup atau salad. Untuk membuat obat rumahan yang sederhana, campur bawang putih mentah dan cengkih bersama satu sendok makan madu mentah. Setelah itu konsumsilah dalam beberapa hari alternatif. Ini dapat menjadi cara yang fantastis untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

2. Berries.

Makanan yang kaya akan resveratrol, seperti kacang tanah, pistachio, anggur, blueberry, cranberry, stroberi, dan bahkan dark chocolate bisa sangat membantu memerangi infeksi jamur, radiasi ultraviolet, stres, dan cedera. Makanan jenis ini juga melindungi tubuh dari serangan virus.

3. Minyak kelapa.
Hindari variasi minyak lainnya dan gunakan minyak kelapa murni dingin atau mentah. Asam laurat dan asam kaprilat yang ada di dalamnya sangat penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh terhadap virus.

4. Jahe.
Bahan lainnya yang dapat membantu menjaga daya tahan tubuh adalah jahe. Jahe memiliki sifat anti-virus, yang bila dicampur dengan adas bintang dan madu dapat membantu mengendalikan efek samping. Ramuan ini dapat dikonsumsi 3-4 kali sehari.

5. Adas bintang

Adas mengandung asam shikimic yang digunakan sebagai bahan dasar untuk produksi obat anti-flu yang sangat kuat sebagai anti-virus. Hal yang perlu dilakukan adalah mengambil adas bintang dan merebusnya di dalam air, kemudian tambahkan ke dalam teh seperti teh hijau atau teh hitam dan meminumnya dua kali sehari.

6. Makanan tinggi vitamin C.
Paprika merah, paprika kuning, jeruk, jambu biji dan pepaya kaya akan vitamin C sehingga memiliki sifat anti-oksidan dan meningkatkan kekebalan tubuh. Demi menjaga kekebalan tubuh tetap baik, konsumsilah buah-buahan tersebut setiap harinya. *

Komentar