nusabali

Inspektorat Agendakan Periksa DPT Pura Dalem Tengaling

  • www.nusabali.com-inspektorat-agendakan-periksa-dpt-pura-dalem-tengaling

BANGLI, NusaBali
Inspektorat Bangli segera periksa kegiatan fisik di Desa Tamanbali, Kecamatan/Kabupaten Bangli.

Salah satu objek sasaran yakni pembuatan dinding penahan tanah (DPT) di Pura Dalem Tengaling. Baru dibangun beberapa bulan, DPT sudah hancur. Penegak hukum sudah turun menggali informasi.  


Sekretaris Inspektorat Bangli, I Wayan Nuarta, mengatakan Inspektorat Bangli secara rutin melakukan pemeriksaan reguler menyasar 50 persen jumlah desa. “Jumlah petugas pemeriksa masih kurang maka pemeriksaan  regular tidak bisa dilakukan secara menyeluruh sehingga pemeriksaan mengambil 50 persennya,” jelas Wayan Nuarta, Senin (9/3). Dikatakan, pembangunan DPT di Pura Dalem Tengaling Desa Tamanbali jadi sorotan karena baru dibangun sudah jebol.

Wayan Nuarta menjelaskan, kegiatan fisik pembangunan DPT di Pura Dalem Tengaling menggunakan anggaran Penerimaan Bantuan Kabupaten (PBK) APBDes Tamanbali tahun 2019. “Sejauh ini belum ada pengaduan dari masyarakat. Pekerjaan yang hancur tersebut sudah dilaporkan ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bangli oleh panitia,” ungkap Wayan Nuarta. Dipastikan, kegiatan fisik ini tidak luput dari pemeriksaan.

Dalam pemeriksaan reguler akan dilihat pertanggungjawaban dari realisasi penggunaan anggaran Alokasi Dana Desa dan Dana Desa. “Tujuan utama pemeriksaan reguler agar setiap desa bisa menjalankan pemerintahannya dengan tertib administrasi,” terangnya. Aspek pemeriksaan, salah satunya keuangan dan pemeriksaan fisik di lapangan. Sementara Perbekel Desa Tamanbali, I Nyoman Suargita, mengaku sudah siap jika ada pemeriksaan. Sebab segala kegiatan sudah ada pelaporannya. *esa

Komentar