nusabali

Angin Kencang, Pohon Suren Tumbang Timpa Palinggih dan Garase di Kuta

  • www.nusabali.com-angin-kencang-pohon-suren-tumbang-timpa-palinggih-dan-garase-di-kuta

MANGUPURA, NusaBali
Sebatang pohon perindang yang tumbuh di Gang Puspa Ayu, Lingkungan Banjar Anyar Kuta, Kecamatan Kuta, Badung tumbang dan menimpa palinggih serta garase milik Made Teja.

Tumbangnya pohon Suren itu disebabkan angin kencang serta hujan deras yang mengguyur wilayah Kuta dan sekitarnya pada Minggu (8/3) sekitar pukul 04.30 Wita. Beruntung dalam insiden itu tidak ada korban jiwa.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Badung Ni Nyoman Ermy Setiari, menerangkan insiden tumbangnya pohon Suren itu terjadi pada Minggu dini hari, dimana tidak ada aktivitas mencolok di seputaran lokasi, sehingga tidak menyebabkan jatuhnya korban. Namun pohon dengan diameter 40 cm dan tinggi 7 meter itu menimpa tembok pembatas, palinggih, dan garase milik warga. “Tumbangnya pohon karena cuaca ekstrem angin kencang pada Sabtu malam hingga Minggu. Sehingga, pohon perindang itu sudah tidak kuat dan roboh,” kata Ermy Setiari, Minggu (8/3) siang.

Laporan terkait adanya pohon tumbang tersebut masuk sesaat setelah kejadian, namun tim BPBD baru dikerahkan ke lokasi pada Minggu pukul 06.30 Wita. Pertimbangan evakuasi dilakukan pada Minggu pagi karena tidak ada korban maupun kondisi saat itu masih gelap gulita, sehingga dilakukan evakuasi saat ada cahaya. “Kondisi saat itu tidak terlalu banyak aktivitas, sehingga tidak mengganggu warga yang melintas di gang itu. Nah, paginya baru kami potong dan evakuasi pohon itu ke TPA. Untuk penanganan perlu waktu 3 jam lebih,” ucap Ermy Setiari.

Dampak dari pohon tumbang itu, garase, tembok pembatas, dan palinggih rusak. Akibatnya, korban mengalami kerugian materi mencapai Rp 20.000.000. Selain itu, kabel listrik di lokasi kejadian sempat terkena ranting pohon yang memicu gangguan. Namun untuk kabel listrik sudah dikoordinasikan dengan pihak PLN, dan langsung ditangani.

Sementara, Manajer PLN Unit Pelayanan Pelanggan (ULP) Kuta Ida Bagus Surya Respati, mengaku selama ini pihaknya terus bersinergi dengan BPBD Badung. Dimana laporan yang masuk di BPBD terkait pohon tumbang, selalu dilaporkan adanya kerusakan pada kabel milik PLN, tak terkecuali yang terjadi di lingkungan Banjar Anyar Kuta pada Minggu pagi kemarin. “Bukan kali ini saja koordinasi dalam penanganan terkait dampak pohon tumbang. Selama ini sudah kami jalin dengan baik dan tentunya aliran listrik yang terganggu cepat diatasi,” ujarnya. *dar

Komentar