nusabali

Pohon Aren Roboh Timpa Tembok Pura

  • www.nusabali.com-pohon-aren-roboh-timpa-tembok-pura

Pohon aren di Banjar Wates Tengah, Desa Duda Timur, Kecamatan Selat, Karangasem tumbang menimpa tembok panyengker Pura Batur Sari, Jumat (28/2) sekitar pukul 10.00 Wita.

AMLAPURA, NusaBali

Dampaknya, tembok panyengker rusak sekitar 5 meter, kerugian ditaksir Rp 10 juta. Musibah itu tidak dilaporkan ke BPBD Karangasem. Pembersihan pohon tumbang secara gotong royong dibantu Babinsa Desa Duda Timur.

Informasi di lapangan, pohon aren setinggi 20 meter dengan diameter sekitar 35 cm telah lapuk. Pohon aren yang tumbang pertama kali dilihat oleh I Ketut Urip, karma dari Banjar Wates Kangin. Lokasi kejadian di perbatasan Banjar Wates Kangin dengan Banjar Wates Tengah, dekat rumah Kelian Banjar Wates Kangin I Gede Madra. Saksi melaporkan ke Kelian Banjar Wates Kangin I Gede Madra.

Petugas Babinsa Duda Timur, Serma I Gede Bagia Oka Mahendra ke lokasi bersama Kelian Banjar Wates Kangin dan warga. Warga pinjam chainsaw untuk memotong batang pohon aren. Saat karma bergotong royong, pemilik pohon aren I Komang Taya juga datang besama Kelian Pangempon Pura Batur Sari I Komang Suamba. Sebelum melakukan penanganan, melapor ke petugas PLN karena ada kabel listrik tertimpa pohon dan aliran listrik sempat padam.

Terpisah, Kepala Pelaksana BPBD Karangasem Ida Ketut Arimbawa mengapresiasi upaya warga melakukan penanganan sendiri. “Kami hanya mengingatkan, jika terjadi pohon tumbang menimpa kabel listrik, jangan langsung melakukan penanganan. Mesti lapor ke petugas PLN, kalau dinyatakan telah aman barulah melakukan penanganan,” pesan Ida Ketut Arimbawa. *k16

Komentar