nusabali

Bupati Agus Suradnyana Raih Best In Culture Empowerment

  • www.nusabali.com-bupati-agus-suradnyana-raih-best-in-culture-empowerment

Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana, meraih penghargaan Best In Culture Empowerment di ajang Indonesia Visionary Leader (IVL).

SINGARAJA, NusaBali

Penghargaan ini berkat pemaparan visi misi yang disampaikan Bupati Agus Suradnyana dalam ajang IVL, pada Oktober 2019 di Jakarta.

Penghargaan itu diserahkan oleh Dirjen Otonomi Daerah, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Akmal Malik, dan diterima oleh Asisten Administrasi Umum Setda Buleleng, Gede Suyasa, mewakili Bupati Agus Suradnyana, Kamis (27/2) di Sukabumi, Jawa Barat.

Bupati Agus Suradnyana dalam pemaparan visi misi sebagai pemimpin daerah dalam program IVL lalu, menjelaskan berbagai hal tentang kebijakan yang diambil dalam membangun Buleleng, salah satunya adalah kebijakan dan program di bidang pengembangan dan pemberdayaan budaya di Buleleng.

Dari sejumlah kepala daerah yang mengikuti program IVL, dewan juri yang kala itu diketuai oleh Akmal Malik menilai Bupati Agus Suradnyana mampu mewujudkan pembangunan dan pemberdayaan di bidang seni dan budaya. Oleh karena itu, dewan juri memutuskan untuk memberikan nilai terbaik di bidang Culture Empowerment kepada Bupati Agus Suradnyana.

Dalam sambutannya, Dirjen Akmal Malik menjelaskan, penilaian dalam IVL ini tidak saja melalui presentasi visi misi kepala daerah, tetapi juga ada tim yang secara tertutup melakukan survei terhadap kebenaran kebijakan yang dipaparkan. Dikatakan, Kemendagri saat ini tengah mengkaji ulang metode penilaian kinerja pemerintah daerah dengan prinsip-prinsip objektivitas.

Menteri Dalam Negeri, lanjut Akmal, menginginkan evaluasi kinerja pemerintah daerah nanti dilakukan oleh pihak-pihak independen, yang berkolaborasi dengan Kementerian Dalam Negeri.”Kami akan gunakan metode-metode yang terukur, sehingga kami harap kepemimpinan yang hadir di daerah benar-benar yang bisa mendorong kualitas pelayanan publik,” katanya.

Sementara, Asisten Administrasi Umum Setda Buleleng, Gede Suyasa, menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas dianugerahkannya penghargaan IVL ini kepada Bupati Agus Suradnyana. Menurutnya, penghargaan yang diterima kali ini akan dijadikan motivasi untuk meningkatkan kinerja bagi seluruh aparatur pemerintah daerah di Buleleng. Sehingga, nantinya akan dapat memberikan kemanfaatan bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat di Buleleng.

Masih kata Suyasa, diraihnya penghargaan IVL dalam kategori Best In Culture Empowerment ini tidak terlepas dari upaya Bupati Agus Suradnyana dalam mengembangkan seni dan budaya yang dimiliki oleh Buleleng. Kata dia, selama ini Bupati Buleleng telah menggerakkan pembangunan di daerah dari berbagai aspek, termasuk di bidang kebudayaan.

“Yang sangat menonjol adalah bagaimana membangun tradisi dan budaya yang ada di Buleleng, dengan membuat berbagai kegiatan di seluruh pelosok kabupaten, sampai ada pentas-pentas budaya yang dilakukan di seluruh kecamatan, dan di breakdown sampai ke tingkat desa,” jelas mantan Kadisdikpora Buleleng ini.

Selain Bupati Buleleng, terdapat 23 kepala daerah lain, baik Gubernur, Bupati, dan Walikota yang juga meraih penghargaan IVL season V dan VI dalam berbagai kategori. IVL sendiri merupakan program pengembangan kepemimpinan yang visoner, yang digagas oleh salah satu media berita nasional bekerjasama dengan Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri. *k19

Komentar