nusabali

Pembangunan Stadion Mengwi Tahap Pertama Ditarget Mei 2020

  • www.nusabali.com-pembangunan-stadion-mengwi-tahap-pertama-ditarget-mei-2020

Pembangunan Stadion Mengwi yang dipersiapkan khusus untuk perhelatan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Bali XV tahun 2021, akan dimulai pada Mei 2020 mendatang.

MANGUPURA, NusaBali

Pembangunan stadion yang diklaim berstandar internasional ini dikerjakan secara bertahap.Tahap pertama pembangunan akan fokus pada tribun penonton. Sesuai perencanaan awal, kapasitas tribun penonton sebanyak 10.721 kursi. Untuk tahap pertama dan bila proses tender selesai tepat waktu, pembangunan fisik diperkirakan pada Mei 2020.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Badung IB Surya Suamba, saat dikonfirmasi membenarkan pembangunan Stadion Mengwi sudah masuk dalam proses tender. “Masih proses tender,” ujarnya saat dikonfirmasi, Rabu (26/2). Sayangnya, birokrat asal Tabanan ini tidak menjelaskan lebih lanjut terkait proyek tersebut, sebab tidak membawa data.

Sementara, Kepala Bidang (Kabid) Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Badung IGA Arinda Trisnawati, menjelaskan saat ini pembangunan Stadion Mengwi sedang proses tender. Pembangunannya dilakukan dalam dua tahap.

“Untuk pembangunan tahap pertama khusus pembangunan tribun. Pagu anggarannya Rp 64 miliar,” kata Arinda.

Pengerjaan tahap awal ditarget Mei 2020 ini, setelah seluruh tahapan proses tender selesai. “Kalau tender selesai tepat waktu, perkiraan mulai bulan Mei 2020 ini (pengerjaannya, Red),” ucapnya.

Disinggung pembangunan tahap kedua, Arinda mengatakan akan dilanjutkan pada 2021 mendatang. “Pengerjaan untuk tahun 2021 itu yakni sarana penunjang lainnya,” kata Arinda sembari menambahkan target pembangunan Stadion Mengwi rampung pada Agustus 2020 mendatang.

Sekadar mengingatkan, Pemerintah Kabupaten Badung berencana membangun stadion bertaraf internasional untuk perhelatan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Bali XV tahun 2021. Pembangunan stadion akan memanfaatkan GOR Mengwi dengan eksisting saat ini sekitar 5 hektare. Tribun penonton juga bakal dibikin melingkar dengan menerapkan single seater sesuai standar internasional. Sesuai perencanaan, pada bagian atap stadion akan menggunakan atap membrane yang berbahan ringan sehingga tidak memerlukan banyak rangka. Atap membrane juga membuat hawa sejuk, dan yang terpenting tampilannya lebih modern.

Pemkab Badung melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) akan meniru salah satunya Stadion Gelora Sriwijaya atau lebih dikenal Stadion Jakabaring di Palembang, Sumatera Selatan. Dinas PUPR juga melakukan studi banding secara langsung pada Juli 2019. *asa

Komentar