nusabali

Sudirta Bumikan Ajaran Bung Karno

Berbaur di Aksi Pungut Sampah Plastik HCB

  • www.nusabali.com-sudirta-bumikan-ajaran-bung-karno

Aksi bersih-bersih sampah plastik  digelar Housekeeper Community Bali (HCB) bersinergi dengan sejumlah organisasi sosial seperti Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Provinsi Bali, Cobras (para lansia pensiunan TNI-Polri, birokrat, BUMN), dan LSM KORdEM Bali di Lapangan Puputan Margarana Niti Mandala Denpasar, Minggu (23/2) pagi.

DENPASAR, NusaBali

Dalam aksi bersih-bersih tersebut menjadi istimewa karena mendapatkan dukungan anggota Komisi III DPR RI dapil Bali dari Fraksi PDIP, I Wayan Sudirta. Politisi asal Desa Pidpid, Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem ini berbaur memungut sampah bersama pentolan sekaligus pendiri HCB, seperti Ketua HCB Nyoman Bagiartha, Wakil Ketua HCB Wayan Suteja, Ketua Panitia Kegiatan Kadek Adhista, Ketua Bidang Media Sosial HCB Kadek Udayana Adhi Darma, Ketua IBI Bali Ni Putu Sukarini serta Relawan Cobras, dan LSM KORdEM Bali. Kegiatan yang diikuti sekitar 250 orang itu berjalan sampai hari menjelang siang.

Anggota DPR RI Dapil Bali, Wayan Sudirta, berbaur dalam kegiatan aksi bersih-bersih tersebut karena diundang HCB yang menggelar kegiatan dirangkai dengan Hari Ulang Tahun ke 2 HCB. “Pak Sudirta kebetulan sering kita lihat berolahraga di Lapangan Puputan Margarana (Lapangan Renon). Kami dari komunitas akhirnya mengundang beliau untuk ikut aksi,” ujar Ketua Media Sosial HCB, Udayana Adhi Darma.

Sementara Ketua HCB Nyoman Bagiartha di sela-sela aksi kemarin mengatakan program internal yang dilakukan HCB setiap tahun beragam. Mulai aksi bersih-bersih lingkungan, penggalangan dana untuk peningkatan sumber daya manusia anggota HCB. “Bersih-bersih yang kami lakukan ini sekaligus mendukung program pemerintah untuk bebaskan Bali dari sampah plastic,” ujar pria asal Desa Manggis, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem ini.

Sementara Wayan Sudirta mengatakan bersih-bersih lingkungan merupakan yadnya (persembahan suci) kepada alam semesta. Sementara aksi bersih- bersih dalam pola Gotong Royong merupakan ajaran Bung Karno. “Kebersihan dalam ajaran kerohanian itu merupakan persembahan suci untuk alam semesta ini. Sementara Gotong Royong merupakan ajaran Bung Karno, identik dengan nafas PDI Perjuangan,” ujar advokat senior yang juga Koordinator Tim Hukum DPP PDIP ini. *nat

Komentar