nusabali

Tumpahan Solar di Tanjakan Goa Gong, Sejumlah Kendaraan Tergelincir

Dishub bersama PUPR Badung Langsung Turunkan Tim

  • www.nusabali.com-tumpahan-solar-di-tanjakan-goa-gong-sejumlah-kendaraan-tergelincir

Tumpahan solar tepatnya di tanjakan Jalan Goa Gong, Jimbaran, Kecamatan Kuta Selatan, Badung, mengakibatkan sejumlah pengemudi kendaraan roda empat kesulitan melintas.

MANGUPURA, NusaBali

Pasalnya, jalanan menjadi licin dan menyulitkan pengemudi kendaraan roda empat untuk nanjak. Sementara sejumlah pengendara kendaraan roda dua juga terjatuh atau tergelincir. Untuk mengantisipasi korban jiwa, petugas PUPR dan Dinas Perhubungan Badung melakukan pembersihan di lokasi.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Badung Anak Agung Ngurah Rai Yuda Darma, menerangkan tumpahan solar yang terjadi pada Minggu pagi sekitar pukul 08.00 Wita mengakibatkan pengguna jalan sulit melintas. Pasalnya, tumpahan solar itu mengalir sepanjang tanjakan. Hal inilah menyebabkan kendaraan yang hendak melintas khususnya dari arah Utara ke Selatan mengalami selip dan tidak bisa nanjak. Selain itu, beberapa pengendara sepeda motor juga sempat terjatuh. “Kendaraan yang penyebabkan tumpahan solar itu belum kami ketahui. Namun, akibat tumpahan solar itu jalanan jadi licin, sehingga banyak mobil dan motor yang menjadi korban,” ujar Yuda Darma, Minggu (23/2) sore.

Menurut Yuda Darma, setelah adanya informasi itu, pihak Dishub langsung berkoordinasi dengan PUPR untuk melakukan penanganan. Sehingga, tim URC (unit reaksi cepat) bersama-sama turun ke lapangan untuk melakukan penanganan. Pembersihan dengan melakukan penyiraman bekas tumpahan solar.

“Untuk maklum dan diketahui, pembersihan oli/solar atau sejenisnya di jalan raya menjadi tugas Dinas PUPR. Kami hanya penjagaan dan pengaturan lalu lintas membantu kepolisian di jalan raya sesuai UU 22 Tahun 2009,” imbuh Yuda Darma.

Selain adanya tumpahan solar di Jalan Raya Goa Gong, sehari sebelumnya yakni pada Sabtu (22/2) juga terjadi tumpahan semen di Jalan Tegeh Sari Jimbaran. Tumpahan itu juga terjadi di tanjakan yang menyebabkan sejumlah kendaraan yang melintas harus ekstra hati-hati. Upaya pembersihan terhadap tumpahan itu juga sudah dilakukan oleh tim URC PUPR. “Kemarin juga ada di Jimbaran, itu sudah ditangani dan kondisi jalanan juga sudah bagus,” bebernya seraya mengaku setiap ada kejadian seperti itu, tim Dishub langsung turun dan melakukan penjagaan di lokasi. *dar

Komentar