nusabali

Pembangunan Taman Delta 'Terhenti'

  • www.nusabali.com-pembangunan-taman-delta-terhenti

Proyek Taman Delta di Desa Dalung, Kecamatan Kuta Utara, yang dikerjakan pada Desember 2019 terhenti sementara.

MANGUPURA, NusaBali

Padahal, taman untuk mempercantik aliran sungai ini sudah menghabiskan anggaran miliaran rupiah yang bersumber dari APBD Badung.

Berdasarkan pantauan di lapangan tak ada satu pun pekerja yang beraktivitas. Namun Pemerintah Kabupaten Badung membantah bila pembangunan Taman Delta terhenti. Justru, pembangunan tahap dua tengah dirancang tahun ini.

“Iya, akan dilanjutkan tahun ini (pembangunan Taman Delta, Red),” kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Badung IB Surya Suamba, saat dikonfirmasi, Minggu (23/2).

Sayangnya, Surya Suamba mengaku tak membawa data terkait pembangunan lanjutan Taman Delta dimaksud. Sebab, seluruh data tersimpan di kantor Dinas PUPR Badung. “Seperti apa jadinya cari data ke kantor ya,” ucapnya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, pembangunan Taman Delta di Desa Dalung, ada dua tahap. Pada tahap pertama ini pembangunan khusus untuk dinding penahan tanah (DPT) di bagian hilir yang nanti akan dijadikan lokasi pembangunan patung. Pembangunan tahap pertama dianggarkan sekitar Rp 2 miliar.

Kemudian, untuk pembangunan tahap dua akan dilanjutkan pada tahun ini. Pembangunan tahap dua khusus membangun patung. Seperti perencanaan awal, patung yang akan dibangun adalah Patung Dewi Gangga. Sekaligus akan dibangun halaman dan gazebo, serta pengerjaan DPT di bagian hulu. Diperkirakan anggaran menghabiskan Rp 5 miliar.

Pembangunan Taman Delta murni merupakan aspirasi dari masyarakat Desa Dalung. Taman ini mengusung konsep seperti taman kota, seperti usulan masyarakat. Dengan demikian, Taman Delta bisa menjadi tempat wisata alternatif bagi masyarakat setempat. *asa

Komentar