nusabali

KMHDI Kampanyekan Kurangi Penggunaan Plastik

  • www.nusabali.com-kmhdi-kampanyekan-kurangi-penggunaan-plastik

Hari Peduli Sampah Nasional yang jatuh pada 21 Februari kemarin menjadi momen bagi Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (KMHDI) melakukan gerakan KMHDI Bersih.

JAKARTA, NusaBali

Gerakan itu dilakukan pada 22 provinsi di Indonesia dengan mengambil tempat-tempat umum. "Untuk lokasi bersih-bersih, kami menyasar kawasan publik seperti pantai, sungai, rumah ibadah dan monumen. Selain bersih-bersih, kami mengkampanyekan mengurangi penggunaan plastik sekali pakai," ujar Ketua Presidium PP KMHDI I Kadek Andre Nuaba, Sabtu (22/2).

Menurut Andre, kegiatan tersebut merupakan bentuk pengabdian, progresivitas dan humanisme kader KMHDI terhadap lingkungan.

Andre mengatakan, plastik menjadi salah satu kebutuhan terbesar masyarakat Indonesia sehingga menjadikan Indonesia sebagai salah satu penyumbang sampah plastik terbesar nomor dua di dunia.

“Mengingat sampah plastik mengancam kelangsungan ekosistem alam, maka KMHDI wajib menjadi percontohan kegiatan yang dapat memberikan dampak positif kepada masyarakat dalam melindungi ekosistem alam Indonesia," imbuh Andre.

Gerakan KMHDI Bersih juga mengajak masyarakat memahami tentang bagaimana memilah sampah rumahtangga dan memanfaatkan barang bekas menjadi barang yang berdaya guna. Oleh karena itu, gerakan tersebut akan direncanakan digelar setiap tahun.

"Ini merupakan bentuk implementasi dari ajaran Hindu tentang Tri Hita Karana, yakni selain menjaga hubungan umat manusia dengan Tuhan dan sesama manusia, umat Hindu juga wajib menjaga hubungan dengan alam yaitu dengan menjaga kelestariannya," papar Andre.

Andre pun, mengajak seluruh masyarakat Indonesia terutama generasi muda untuk memahami dampak negatif keberadaan sampah plastik dengan turut mengkampanyekan Indonesia bersih tanpa sampah plastik.

“Masa depan ditentukan oleh generasi masa kini, menjaga alam dari sampah plastik adalah salah satu cara menjaga masa depan," kata Andre.

Dengan kegiatan itu Andre berharap dapat menggugah masyarakat Indonesia untuk sadar akan dampak negatif plastik terhadap keberlangsungan ekosistem dunia serta pentingnya memilah dan mengurangi penggunaan plastik dalam kehidupan sehari-hari. *k22

loading...

Komentar