nusabali

500 Mangrove Ditanam di Pantai Soka

  • www.nusabali.com-500-mangrove-ditanam-di-pantai-soka

Polres Tabanan bekerjasama dengan TNI, masyarakat, dan para pecinta lingkungan, menanam 500 bibit mangrove di Pantai Soka Desa Antap, Kecamatan Selemadeg, Jumat (21/2).

TABANAN, NusaBali
Penanaman itu sebagai upaya untuk mencegah abrasi pantai. Penanaman dipimpin Wakapolres Tabanan Kompol Ni Made Sukerti. Pemilihan lokasi ini karena Pantai Soka adalah salah satu pantai yang paling parah terkena abrasi. Wakapolres Tabanan Kompol I Made Sukerti mengatakan penanaman mangrove berkat kerjasama Satpol Air Polres Tabanan dengan masyarakat nelayan dan pecinta alam. “Tanaman Mangrove kami dapatkan dari Direktorat Polairud Polda Bali,” imbuhnya.

Dikatakan, kegiatan penanaman ini sebagai bentuk upaya mencegah abrasi di Pantai Soka. Selain itu, menjaga keseimbangan alam terhadap biota laut dan eksosistem lainnya. “Kami juga harapkan setelah adanya penanaman mangrove ini masyarakat sekitar bisa ikut menjaga,” ujar Kompol Sukerni.

Sesuai data abrasi dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Tabanan, panjang pantai di Tabanan mencapai 34,4 kilometer, sepanjang 12,760 kilometer termakan abrasi. Pantai yang paling parah terkena abrasi adalah Pantai Abian Kapas di Desa Beraban, Kecamatan Kediri, Tabanan. Dari jumlah abrasi ini, baru tertangani sepanjang 4,948 kilometer. Penyebab utama abrasi selain karena alam adalah pencurian pasir dan lainnya.*des

Komentar