nusabali

Remaja asal Bangli Diobservasi di RSUP Sanglah

Alami Demam, Pilek, dan Batuk Setelah Berkunjung ke Singapura

  • www.nusabali.com-remaja-asal-bangli-diobservasi-di-rsup-sanglah

Remaja berusia 14 tahun asal Desa Demulih, Kecamatan Susut, Kabupaten Bangli diobservasi di Ruang Nusa Indah, RSUP Sanglah, Denpasar,  sejak Kamis (20/2) dinihari.

DENPASAR, NusaBali

Pasien rujukan dari RSUD Bangli ini datang dengan keluhan demam, batuk, dan pilek. Pasien tersebut memiliki riwayat sempat berkunjung ke Singapura, salah satu negara yang confirm tertular virus Corona (CoVid-19), belum lama ini.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali, dr Ketut Suarjaya menyebut, pasien tersebut diobservasi dengan diagnosa infeksi saluran pernafasan atau ISPA. Diakuinya pasien tersebut memiliki riwayat sempat berkunjung ke Singapura, sehingga itu yang membuat pihak RSUD Bangli akhirnya merujuknya ke RSUP Sanglah, Denpasar.

“Ya benar (sempat perjalanan ke Singapura, red). Bukan Corona, tapi kami observasi dengan infeksi saluran nafas (ISPA). Tetap kita observasi di Ruang Nusa Indah sebagai antisipasi, karena sempat ke Singapura,” ujarnya melalui sambungan Whatsapp, Kamis (20/2).

Kepada pasien tersebut juga telah dilakukan pemeriksaan swab tenggorokan dan rongga hidung. Adapun sampelnya telah dikirim ke Jakarta, dan tinggal menunggu hasil laboratorium. “Sudah kami kirim ke Jakarta hari ini (kemarin, red). Maksimal dua hari sudah keluar hasilnya,” terangnya.

Untuk kasus seperti ini, kata Suarjaya, semestinya rumah sakit di daerah tidak terburu-buru untuk merujuk ke RSUP Sanglah. Dia pun mengaku sudah mengimbau rumah sakit di daerah agar mengikuti prosedur tetap (protap) tentang penanganan pasien yang dicurigai terinfeksi virus Corona. “Saya sudah hubungi Direktur RSUD Bangli. Jangan sampai para dokter fobia, baru ada riwayat ke Singapura, langsung buru-buru merujuk pasien. Sudah saya imbau, semua itu protapnya sudah jelas,” katanya.

Sejauh ini belum ada pasien positif virus Corona di Bali. Untuk mengantisipasi masuknya virus Corona ke Pulau Dewata, jajaran Pemprov Bali telah siaga bersama sektor terkait untuk pantauan serta pengecekan di pintu masuk negara lewat Bandara Ngurah Rai. Sementara dari sisi penanganan medis, ada tiga rumah sakit yang disiagakan untuk proses isolasi pasien yang dicurigai mengarah virus Corona yakni RSUP Sanglah Denpasar, RSUD Sanjiwani Gianyar, dan BRSUD Tabanan, serta beberapa rumah sakit swasta yang memiliki kemampuan untuk isolasi. Sementara untuk memantapkan dan menyegarkan kemampuan SDM dalam menangani wabah CoVid-19, RSUP Sanglah belum lama ini telah melakukan simulasi. *ind

loading...

Komentar