nusabali

Bobi Suryanto Jabat Dirut PD Swatantra

  • www.nusabali.com-bobi-suryanto-jabat-dirut-pd-swatantra

Dua calon lainnya yakni Janarti dan Nyoman Widiarsa, tetap akan dipilih mengisi jajaran Direksi.

SINGARAJA, NusaBali

Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana, akhirnya memilih dan menetapkan I Gede Bobi Suryanto menjadi Direktur Utama (Dirut) PD Swatantra. Rencananya, pelantikan dijadwalkan pecan depan. “Sudah, Pak Bupati sudah menetapkan Pak Bobi sebagai Dirut PD Swatantra,” terang Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Buleleng, Ni Made Rousmini, saat dikonfirmasi Kamis (20/2/2020).

Menurut Rousmini, penetapan Bobi sebagai Dirut PD Swatantra adalah kewenangan dari Bupati, berdasarkan hasil fit and proper test yang dilakukan langsung oleh Bupati. “Itu kewenangan (penetapan,Red) Pak Bupati. Kemungkinan pelantikannya Senin depan,” ujarnya singkat.

Dalam fit and proper test yang dilakukan langsung oleh Bupati, ada tiga peserta yang dipanggil, masing-masing Nyoman Widiarsa, asal Desa Kerobokan Kaje, Kecamatan Kuta Utara, Badung, kemudian Janarti asal Jalan Gajah Mada Singaraja, Kecamatan Buleleng, dan I Gede Bobi Suryanto, asa Desa Tista, Kecamatan Busungbiu, Buleleng.

Keputusan Bupati memilih Bobi Suryanto sebagai Dirut PD Swatantra ini sesuai dengan predeksi NusaBali edisi Sabtu (15/2/2020). Bobi Suryanto asal Desa Tista, Kecamatan Busungbiu, Buleleng, merupakan calon kuat karena dianggap memiliki wawasan yang luas menyangkut usaha. Di samping itu, kelebihan Bobi Suryanto karena terjun langsung di sektor pertanian. “Dia (Bobi Suryanto,Red) mengelola langsung perkebunannya. Kalau tidak salah dia kini mengembangkan perkebunan durian di desanya,” kata sumber.

Masih kata sumber, meski nanti Bupati menetapkan satu orang sebagai Dirut PD Swatantra, namun dua calon lainnya yakni Janarti dan Nyoman Widiarsa tetap akan dipilih mengisi jajaran Direksi. Karena kedua calon ini juga dianggap layak, sesuai hasil fit and proper test. Janarti diproyeksikan mengisi posisi Direktur Keuangan (Dirkeu) dan Widiarsa diposisikan menduduki posisi Direktur Operasional bidang Pertanian dan UKM. “Kemungkinan dua calon lainnya akan tetap dipilih juga, cuma  yang menunjuk nanti Dirut terpilih,” ujar sumber.

Sebelumnya, Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana berkeinginan menjadikan PD Swatantra garda terdepan pengembangan usaha di bidang UKM, baik dari segi pengemasan, standar kualitas, jaminan kebersihan dan lainnya. “Ke depannya, PD Swatantra akan ditambah modalnya, tetapi dia (Calon Dirut PD Swatantra) harus menjelaskan apa yang dibuat,” katanya

Masih kata Bupati Agus Suradnyana, selain pengembangan di bidang UKM, Dirut PD Swatantra harus mampu mengembangkan sektor pertanian dan peternakan, misalkan bidang peternakan, jenis ternak apa yang bagus dikembangkan di Kabupaten Buleleng, penyediaan pakannya seperti apa pemasarannya bagaimana sehingga PD Swatantra mampu meliputi segala bidang usaha yang terdapat di Buleleng. *k19

Komentar