nusabali

Hari Ini, Puan Bergelar DR (HC) dari Undip

Dianggap Mumpuni di Bidang Kebudayaan dan Kebijakan Pembangunan Manusia

  • www.nusabali.com-hari-ini-puan-bergelar-dr-hc-dari-undip

Ketua DPR RI, Puan Maharani, akan dianugerahi gelar Doktor Honoris Causa (HC) oleh Univeristas Diponegoro (Undip) Semarang.

SEMARANG, NusaBali
Penganugerahaan diberikan dalam bidang Kebudayaan dan Kebijakan Pembangunan Manusia. Pemberian anugerah gelar Doktor HC kepada Puan digelar hari Jumat (14/2) hari ini, melalui sidang terbuka di Gedung Prof Dr Soedarto SH, di Tembalang Semarang. "Senat Akademik Undip secara bulat menyetujui penganugerahan tersebut," kata Ketua Senat Akademik, Prof Dr Sunarso seperti dalam siaran pers yang diterima detikcom, Kamis (13/2).

Rektor Undip, Prof Dr Yos Johan Utama mengatakan, Puan secara nyata telah berkontribusi terhadap hubungan baik antarbangsa dan negara lain dalam bidang sosial budaya, kebijakan pembangunan kemanusiaan dan kesejahteraan umat manusia. "Jadi, persetujuan bulat Senat Akademik Undip tentu karena melihat kontribusi beliau yang sangat signifikan kepada ilmu pengetahuan, seni dan budaya, juga perhubungan antarbangsa dalam kebudayaan dan kemanusiaan, baik secara pribadi, maupun beliau sebagai Kemenko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, dan juga Ketua DPR,'' jelas Yos.

Dalam prosesi penganugerahan gelar doktor HC Undip, Puan Maharani akan menyampaikan pidato ''Kebudayaan sebagai Landasan Utama Pembangunan Manusia Indonesia Ber-Pancasila menuju Era Masyarakat 5.0''.

Puan akan menjelaskan tantangan sekaligus upaya dan solusi, juga bagaimana negara harus diberdayakan untuk menerapkan kebijakan publik berlandaskan kebudayaan untuk bidang kesehatan, pendidikan, seni, etika, ekonomi dan sosial.

Akan hadir pada sidang terbuka tersebut Presiden ke-5 RI yang juga ibunda dari Puan, Megawati Soekarnoputri, serta keluarga dari Puan Maharani. Para pemimpin partai politik, sejumlah menteri dan anggota DPR RI dan DPRD Jateng. *

Komentar