nusabali

TV Prancis Rencanakan Buat Film Mitigasi

  • www.nusabali.com-tv-prancis-rencanakan-buat-film-mitigasi

Arte TV Prancis dipimpin Mr Martin audensi ke kantor BPBD Karangasem, Jumat (7/2).

AMLAPURA, NusaBali

Rombongan diterima Kepala Pelaksana BPBD Karangasem Ida Ketut Arimbawa didampingi Sekretaris I Putu Eka Putra Tirtana. Dalam pertemuan itu, Mr Martin menyampaikan keinginannya membuat film dokumenter tentang mitigasi penanganan erupsi Gunung Agung. Film itu nantinya untuk mengedukasi masyarakat cara melakukan penanganan, evakuasi mandiri, dan menjauhi bencana. Rencana pembuatan film dokumenter mulai Maret 2020.

Ida Ketut Arimbawa mengatakan, film dokumenter ini bermanfaat untuk mendokumentasikan kegiatan BPBD. Temasuk untuk mengedukasi masyarakat jika terjadi erupsi Gunung Agung. Film ini dibuat secara terstruktur dan sistimatis, mulai dari sosialisasi bencana kepada masyarakat, menjelaskan wilayah KRB (Kawasan Rawan Bencana) III, KRB II, dan KRB I. Juga upaya petugas membuka jalur-jalur evakuasi, melakukan evakuasi, dan mengantar ke tempat pengungsian. “Semua itu akan saya jelaskan dalam film dokumenter,” jelasnya.

Sehingga saat menggelar sosialisasi nanti cukup memutar film dokumenter. Pembuatan film juga nantinya didukung relawan. Sebab banyak relawan yang membantu petugas BPBD, juga dibantu petugas polisi, TNI, dan masyarakat. “Masih ada dokumen penanganan, itu juga digunakan untuk melengkapi film dokumenter tersebut,” tambahnya. Dengan film ini diharapkan jangkauan sosialisasi tentang mitigasi bencana semakin meluas dan efektif. *k16

Komentar