nusabali

Puskemas Dawan I Asuh 15 Pengidap HIV/Aids

  • www.nusabali.com-puskemas-dawan-i-asuh-15-pengidap-hivaids

Puskesmas Dawan I di Desa Pikat, Kecamatan Dawan, Klungkung, mengasuh 16 pengidap HIV/Aids.

SEMARAPURA, NusaBali

Dari data tahun 2019, satu di antara 16 pengidap ini sudah meninggal setahun lalu.  Hal itu terungkap saat Ketua Harian Komisi Penanggulangan Aids (KPA) Klungkung dan juga Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta, bersama Sekretaris KPA Klungkung Wayan Sumananya turun ke Puskesmas Dawan I, Rabu (5/1). Mereka diterima Kepala UPT Pukesmas Dawan I dr Ida Ayu Ketut Sri Handayani. KPA memberikan arahan dan bimbingan untuk penanggulangan panyakit tersebut.

Sekretaris KPA Klungkung Wayan Sumananya mengatakan, kini semua Puskesmas di Kabupaten Klungkung sudah mampu mengampu pengobatan penyakit HIV/AIDS. Kunjungan akan dilanjutkan dengan pembekalan kepada petugas KPA di Puskesmas se Kabupaten Klungkung.

Wabup Kasta mengatakan, kunjungannya itu untuk koordinasi dengan anggota KPA dalam penanggulangan penyakit HIV/Aids di UPT Pukesmas Dawan I. Menurutnya, petugas KPA di Puskesmas agar memahami tupoksi dan selalu berkoordinasi dengan KPA.

Wabup Kasta berharap dengan program ‘Jaga Gerbang’ (jangkau, siaga, gerakan fisik dan bangunkan jiwa),  para petugas bisa menangkal penyebaran HIV/Aids sekaligus penanganan orang dengan HIV/Aids (ODHA). “Program Jaga Gerbang ditindaklanjuti dengan berusaha menjangkau ODHA di tengah sulitnya mendapatkan informasi keberadaan ODHA. Agar mereka mau membuka diri untuk diobati dan tidak malu,” ujarnya. *wan

Komentar