nusabali

100 Hari Kabinet, Prabowo Paling Dibicarakan Netizen

  • www.nusabali.com-100-hari-kabinet-prabowo-paling-dibicarakan-netizen

Riset yang dilakukan oleh Indonesia Indicator (I2) menyebutkan Menteri Pertahanan (Menjan), Prabowo Subianto, paling banyak dibicarakan warganet (netizen) di media sosial, khususnya Twitter dalam 100 hari Kinerja Kabinet Indonesia Maju.

JAKARTA, NusaBali

Indonesia Indicator (I2), sebuah perusahaan Intelijen Media dengan menggunakan piranti lunak Artificial Intelligence (AI) dalam risetnya, di Jakarta, Senin (3/2), mencatat, sepanjang 20 Oktober 2019 hingga 24 Januari 2020, ada lima nama menteri yang paling banyak dibicarakan netizen di media sosial Twitter. Direktur Komunikasi Indonesia Indicator, Rustika Herlambang, menyebutkan, lima menteri itu, yakni Menhan Prabowo Subianto, Menteri BUMN Erick Thohir, Menko Polhukam Mahfud MD, Mendagri Tito Karnavian, dan Menag Fachrul Razi. "Namun, jarak percakapan antara Prabowo dengan menteri lainnya relatif besar," kata Rustika dalam keterangan tertulisnya.

Dia memaparkan, Menhan Prabowo Subianto menjadi tokoh kontroversial yang paling banyak dibicarakan netizen. Rival Presiden Jokowi di Pilpres 2019 itu diperbincangkan netizen sebanyak 710.968 cuitan yang kemudian direspons netizen lainnya hingga mencapai 1.781.945 aktivitas dalam bentuk retweet, mention, dan reply.

Melalui Social Network Analysis (SNA), dapat terlihat bahwa sebanyak 49,46 persen netizen bersikap netral atas berbagai aktivitas dan kebijakan Prabowo, dan tidak secara langsung memihak kepada Prabowo. Polarisasi masa pilpres masih terasa, meskipun sudah mulai menurun.

"Terdapat 28,12 persen akun oposisi yang masih mendukung Prabowo dan terdapat 14,61 persen akun pro-pemerintah yang sebelumnya bukan pendukung Prabowo. Kedua kelompok akun ini tidak saja hanya memberi dukungan, namun juga sesekali terlihat menyindir Prabowo," papar Rustika. Sementara, Menteri BUMN Erick Thohir tercatat menjadi figur menteri yang paling banyak mendapatkan dukungan dari warganet.

Nama Erick Thohir dicuit warganet sebanyak 401.585 kali yang kemudian direspons netizen lainnya hingga 1.362.620 aktivitas dalam bentuk reply, retweet, dan mention. Menurut Rustika, keberhasilan Erick mengusut permasalahan di PT Garuda menjadi faktor utama.

"Netizen menunggu-nunggu dan mengharapkan Erick Thohir mengusut permasalahan di tubuh BUMN lainnya, terutama terkait masalah Jiwasraya," kata Rustika.

Sementara Menko Polhukam Mahfud MD, menurut Rustika, juga tercatat menjadi tokoh kontroversial yang peta netizennya hampir sama dengan Prabowo Subianto. Nama Mahfud dicuit sebanyak 361.348 kali yang kemudian direspons hingga 1.701.051 aktivitas karena banyak diantaranya kontroversial. Posisi Mahfud sebagai tokoh netral saat masa pilpres menjadi faktor utama besarnya jumlah netizen yang memberi perhatian kepadanya. Sebanyak 40,55 persen akun mengapresiasi langkah Mahfud MD, namun 36,13 persen akun seringkali menyindir Mahfud. *ant

Komentar