nusabali

Cek Ruas Jalan Mahoni, Wabup Kembang Pastikan Dibetonisasi Tahun Ini

  • www.nusabali.com-cek-ruas-jalan-mahoni-wabup-kembang-pastikan-dibetonisasi-tahun-ini

Jalan Mahoni yang masih berupa jalan tanah di Banjar Gunung Sekar, Desa Mendoyo Dauh Tukad, Kecamatan Mendoyo, Jembrana, akan dibangun Pemkab Jembrana tahun 2020 ini.

NEGARA, NusaBali

Lantaran kontur tanah yang labil dan akan cepat rusak ketika dihotmix, pembangunan jalan sepanjang 1,540 kilometer itu akan menggunakan teknik betonisasi.

Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Jembrana I Made Kembang Hartawan, saat meninjau kondisi Jalan Mahoni yang juga terhubung sampai ke Banjar Yeh Mekecir, Desa Dangin Tukadaya, Kecamatan Jembrana, Sabtu (1/2). Pembangunan jalan dipastikan akan terealisasi tahun ini dan sudah teranggarkan di APBD Jembrana 2020.

“Kami sudah sepakati bersama, dan sudah dianggarkan melalui dana APBD. Disiapkan anggaran Rp 2,2 miliar,” ujar Wabup Kembang, didampingi Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Pemukiman (PUPRPKP) Jembrana I Wayan Darwin, dan  Perbekel Mendoyo Dauh Tukad I Gusti Putu Edyana, dan sejumlah warga setempat.

Wabup Kembang mengatakan, karena kontur tanah yang labil maka pengerjaan jalan paling tepat menggunakan teknik betonisasi. Badan jalan akan dibuat selebar 3 meter dengan bahu jalan masing-masing selebar 1,5 meter, sehingga total lebar jalan nanti menjadi 6 meter. Sedangkan tinggi beton adalah 16 centimeter, dengan kualitas beton yang digunakan K225, sehingga perlu dilakukan normalisasi guna menambah bahu jalan.

Menurut Wabup Kembang, pengerjaan Jalan Mahoni yang menghubungkan Banjar Gunung Sekar, Desa Mendoyo Dauh Tukad, Kecamatan Mendoyo sampai Banjar Yeh Mekecir, Desa Dangin Tukadaya, Kecamatan Jembrana, ini sesuai dengan harapan masyarakat. Selain meningkatkan konektivitas antardesa, pembangunan jalan ini juga dapat mengembangkan daya dukung ekonomi warga sekitar. “Kami berharap nanti warga ikut serta mengawasi   pengerjaan jalan ini, sehingga bisa tepat waktu dan kualitas fisiknya terjamin, sehingga bisa bertahan lama,” ucapnya.

Perbekel Mendoyo Dauh Tukad I Gusti Putu Edyana menyampaikan, terima kasih atas perhatian Pemkab Jembrana yang akan menggarap Jalan Mahoni. “Ini menjadi harapan bersama, khususnya warga kami di Banjar Gunung Sekar. Jalan Mahoni ini nantinya akan mempermudah akses mobilisasi masyarakat,” ujarnya. *

Komentar