nusabali

Pemkab Karangasem Mareresik di Pura Dalem Besakih

  • www.nusabali.com-pemkab-karangasem-mareresik-di-pura-dalem-besakih

Ratusan PNS di lingkungan Pemkab Karangasem mareresik sampah bekas upacara Usaba Dalem di areal Pura Dalem Puri Besakih, Banjar Kedundung, Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Karangasem, Jumat (31/1).

AMLAPURA, NusaBali

Mereka bersihkan sampah sekitar 2 jam lebih. Aksi ini dipimpin Kepala Dinas Lingkungan Hidup Karangasem I Gede Ngurah Yudiantara. Selanjutnya sampah dikirim ke TPA Banjar Palak, Desa Besakih.

Aksi kebersihan ini juga dihadiri Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dr Priagung Duarsa, Camat Rendang I Wayan Mastra, dan Kabag Umum Setda Karangasem Ni Made Suartini. Meski sampah basah air hujan, para PNS tidak canggung mengangkut tumpukan sampah. Sehari-hari tumpukan sampah di Pura Dalem Puri Besakih diangkut petugas kebersihan setempat yang berjumlah 15 orang. Kali ini semua pangayah ikut serta, ada yang membawa sapu, sekop, dan kantong plastik besar.

Pamangku Pura Pande Besakih, Jro Gede Sudarta mengapresiasi penanganan tumpukan sampah yang dikerjakan dalam waktu cepat. "Kalau tidak mengerahkan pegawai Pemkab Karangasem, tidak mungkin areal tempat suci kembali bersih dalam waktu cepat," katanya. Camat Rendang I Wayan Mastra juga memuji gerak cepat seluruh jajaran Pemkab Karangasem mengangkut sampah yang menumpuk di Pura Dalem Puri. "Memang lain semangatnya kalau ngayah di Pura Dalem Puri Besakih, banyaknya tumpukan sampah bisa bersih dalam waktu sekitar dua jam," kata Wayan Mastra.

Wayan Mastra mengatakan, pamedek Usaba Dalem tahun 2020 ini paling membeludak dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Pamedek sangat antusias menggelar persembahyangan. Demikian pula PNS di jajaran Pemkab Karangasem juga antusias ngayah membersihkan areal Pura Dalem Puri Besakih dari tumpukan sampah. *k16

Komentar