nusabali

Puting Beliung Hantam Buleleng, Tiga Rumah Porak-Poranda

  • www.nusabali.com-puting-beliung-hantam-buleleng-tiga-rumah-porak-poranda

Hempasan puting-beliung terjadi pada pukul 15.00 dan 18.00 Wita di dua lokasi berbeda.

SINGARAJA, NusaBali

Hujan deras dan angin kencang yang mengguyur Buleleng pada Kamis (30/1/2020) sore disertai bencana angin puting-beliung pada sejumlah titik. Tercatat ada tiga  rumah dilaporkan rusak setelah terkena dampak puting-beliung di Desa/Kecamatan Kubutambahan, Buleleng; dan di Desa Pemuteran, Kecamatan Gerokgak, Buleleng. Rata-rata kerusakan yang dialami pada bagian atap rumah.

Peristiwa angin puting-beliung lebih awal menerjang kawasan Desa/Kecamatan Kubutambahan Buleleng. Angin puting-beliung yang berasal dari arah laut menyapu atap rumah nelayan Nyoman Merta, 45, dan Nyoman Sukarsa, 45, warga Banjar Dinas Kubu Anyar, Desa/Kecamatan Kubutambahan.

Angin kencang disertai hujan deras sekitar pukul 15.00 Wita menyapu atap rumah semi permanen berukuran 4x4 meter. Atap rumah milik dua korban langsung diterbangkan angin dan jatuh di halaman rumahnya.

Selanjutnya pada pulul 18.00 Wita, angin puting beliung juga meneror wilayah Buleleng Barat. Hingga satu atap dapur berukuran 3x4 milik Kadek Surata, 31, warga Banjar Dinas Sendang Lapang, Desa Pemuteran, Kecamatan Gerokgak, Buleleng tercabut oleh terpaan putting-beliung. Beruntung dalam kejadian tersebut tidak ada korban jiwa dan hanya kerugian material.

Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Buleleng, Ida Bagus Suadnyana, dikonfirmasi Jumat (31/1/2020), mengatakan bencana angin putting-beliung yang menimpa tiga rumah masyarakat terjadi saat hujan deras mengguyur Buleleng disertai angin kencang dari sore hingga malam hari. “Sejauh ini hanya kerugian material saja tidak ada korban jiwa, TRC (Tim Reaksi Cepat, red) kami tadi sudah turun melakukan assessment dan mendistribusikan sembako,” jelas Ida Bagus Suadnyana. Dari bencana yang terjadi BPBD Buleleng selanjutnya akan menghitung berapa estimasi kerugian dan diusulkan untuk mendapatkan bantuan rehab.

Sementara itu potensi bencana di musim penghujan yang tidak dapat diprediksi diimbau kepada masyarakat untuk tetap berhati-hati dan waspada. Warga diharapkan tetap mengutamakan keselamatan jiwa dan bergegas mencari tempat aman jika kondisi sudah tidak memungkinkan.*k23

Komentar