nusabali

Bupati Suwirta Minta Pendidik Pesaja

  • www.nusabali.com-bupati-suwirta-minta-pendidik-pesaja

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta memberikan pembinaan kepada para guru dan pegawai SD di wilayah Klungkung daratan (Kecamatan Klungkung, Dawan dan Banjarangkan), di Balai Budaya Ida Dewa Agung Istri Kanya, Klungkung, Selasa (28/1).

SEMARAPURA, NusaBali

Bupati minta para pendidik agar pasaja (serius dan penuh tanggungjawab) dalam menjalankan tugas. Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta mengatakan, menjadi guru SD merupakan profesi berat. Karena wajib menanamkan sifat dasar kepada anak didik hingga berguna bagi nusa dan bangsa. Maka para guru harus memahami karakter anak didik. “Mari terapkan konsep pasaja, saja kenehe dadi (serius niatnya menjadi) guru, saja kenehe mendidik siswa di Kabupaten Klungkung,” ujar Bupati Suwirta.

Bupati mengharapkan guru SD bisa ‘menjadi’ orangtua dan sahabat dari anak-anak. Maka sekolah akan menjadi nyaman dalam beraktivitas kependidikan. "Para guru dapat menanamkan konsep Gema Santi kepada anak didik dan diterapkan juga di lingkungan sekolah agar dapat meningkatkan kedisiplinan dalam bekerja," katanya.

Bupati Suwirta menugaskan kepada Dinas Pendidikan Klungkung agar mengkaji kembali gaji kepala sekolah, pengawas dan uang makan guru.

Kepala Dinas Pendidikan Klungkung Dewa Gde Darmawan mengatakan pendidik dan tenaga kependidikan dituntut bekerja secara profesional dalam mendukung kesuksesan kegiatan belajar mengajar, selain juga harus bisa menjadi teladan untuk anak didik. Kata di, dalam rangka membentuk generasi mandiri, disiplin bukan sekadar menuruti peraturan, tetapi memunculkan kesadaran, pemahaman, dan pengendalian diri sepanjang hayat. Untuk menciptakan generasi cerdas, disiplin bukan sekadar mengikuti ancaman atau sogokan, tetapi mengkritisi, berefleksi, dan berkolaborasi dengan lingkungan. "Pembentukan disiplin bagi peserta didik harus dimulai dari penerapan disiplin diri oleh pendidik dan tenaga kependidikan sebagai role model bagi para siswa," ujarnya.

Kata Darmawan, kedisiplinan harus diajarkan dan ditanamkan sejak dini, sehingga akan membawa dampak yang positif bagi para siswa, dikehidupan mereka yang akan datang. "Tujuan penerapan kedisiplinan agar setiap individu memiliki disiplin jangka panjang, yaitu disiplin yang tidak hanya didasarkan pada kepatuhan terhadap aturan atau otoritas semata, tetapi lebih kepada pengembangan kemampuan untuk mendisiplinkan diri sendiri sebagai salah satu ciri kedewasaan dan kesadaran individu," ujarnya.*wan

loading...

Komentar