nusabali

Puncak Usaba Besakih, Pamedek Berdesak-desakan

  • www.nusabali.com-puncak-usaba-besakih-pamedek-berdesak-desakan

Ribuan berdesak-desakan di jaba hingga jeroan Pura Dalem Puri Besakih, Banjar Kedundung, Desa Besakih, Kecamatan Rencang, Karangasem pada puncak karya Usaba Dalem, Soma Paing Warigadean, Senin (27/1).

AMLAPURA, NusaBali
Ribuan pamedek dari seluruh Bali tangkil ke pura untuk ngaturang soda kepada sang pitara di Tegal Penangsaran. Sebelum ngaturang soda di Tegal Penangsaran. Pamedek mengawali sembahyang di Pura Prajapati dan Pura Dalem.

Untuk melakukan dua kali persembahyangan itulah, umat berdesak-desakan. Mulai dari masuk ke jeroan Pura Prajapati melintasi candi bentar umat kesulitan. Sebab di candi bentar itu merupakan jalur keluar masuk pamedek. Apalagi hendak memasuki jeroan Pura Dalem Puri Besakih semakin sulit. Setiba di tengah Pura Dalem Puri Besakih, nyaris pamedek tidak bisa duduk karena rapatnya pamedek membawa banten.

Meski telah diatur pecalang Desa Adat Besakih, tetap kesulitan karena ribuan pamedek yang berdatangan keluar masuk pura cukup padat. “Puncak Usaba Dalem di Pura Dalem Puri Besakih memang didatangi ribuan umat. Umat mesti bersabar agar dapat giliran melakukan persembahyangan,” ungkap pamangku Pura Dalem Puri Besakih, I Gusti Mangku Ngurah Kubayan. Sedangkan pamedek yang menggelar banten sodaan masih lebih leluasa karena jaba Pura Dalem Puri Besakih cukup luas.

Pamedek dari Banjar Purwayu, Desa Tri Buana, Kecamatan Abang, Karangasem, I Gede Genti sembahyang di Pura Dalem Puri Besakih untuk menghaturkan banten soda untuk sang pitara. “Saya memiliki 12 pitara belum diaben, makanya saya menggelar banten sodaan,” katanya. Hal senada diungkapkan pamedek I Nyoman Berata dari Banjar Meranggi, Desa Muncan, Kecamatan Selat. “Saya melakukan banten sodaan karena masih punya satu pitara belum diaben,” katanya. Ribuan pamedek menggelar banten sodaan di Tegal Penangsaran, ada yang persembahyangannya diantarkan jro mangku, ada yang ngantebang banten sendiri-sendiri.

Meski Tegal Penangsaran dijejali sampah bekas banten, umat yang hendak menggelar banten sodaan cukup menggelar tikar di atas sampah itu, kemudian berlanjut menata banten dan ngaturang sodaan. Usaba Dalem diawali nedunang Ida Bhatara pada Tilem Kapitu, Sukra Wage Wariga, Jumat (24/1), ngaturang ayaban pada Saniscara Kliwon Wariga, Sabtu (25/1) dan Redite Umanis Warigadean, Minggu (26/1), puncak Usaba Dalem Soma Paing Warigadean, Senin (27/1), ngaturang panganyar dari tanggal 28-31 Januari 2020, nyineb pada Sukra Umanis Warigadean, Jumat (31/1). *k16

Komentar