nusabali

Tes SKD CPNS Provinsi Bali Diikuti 36.193 Peserta

  • www.nusabali.com-tes-skd-cpns-provinsi-bali-diikuti-36193-peserta

Hasil tes akan langsung ditempelkan. Dan jika ada perbedaan antara hasil tes di computer dan di papan pengumuman, peserta bisa langsung komplain.

DENPASAR, NusaBali.com
Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Bali bakal melangsungkan tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) bagi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang sudah melewati tahap administrasi, Selasa (28/1/2020). Pelaksanaan tes bakal dilangsungkan di Gedung BPSDM Provinsi Bali, Denpasar hingga 17 Februari 2020 mendatang.

Sekretaris Daerah Provinsi Bali, Dewa Made Indra menyebutkan peserta tes CPNS adalah formasi tahun 2019 Pemkot Denpasar, Pemkab Buleleng, Pemkab Jembrana dan Pemkab Klungkung. "Peserta tes berjumlah 36.193 orang dari 36.225 peserta yang lulus administrasi," paparnya.

Sedangkan 32 peserta sisanya tidak mengikuti tes karena memilih menggunakan nilai SKD tahun sebelumnya."Ini dimungkinkan karena mereka sudah mengikuti tes SKD tahun lalu dan nilainya masih bisa dipakai untuk sekarang,” lanjut Sekda Dewa Indra.

BPSDM sendiri sudah menyiapkan dua ruangan tes yang masing-masing berkapasitas 400 orang lengkap dengan laptop yang digunakan sebagai perangkat tes. "Dalam satu hari berlangsung lima kloter tes, artinya ada 2.000 peserta yang akan mengikuti tes dalam satu hari," ujar birokrat asal Buleleng ini.

Pihaknya menjamin tes akan berlangsung  transparan dan akuntabel. "Peserta akan melewati tahapan ketat pemeriksaan sebelulum melakukan tes untuk memastikan yang tes bukan joki dan tidak membawa masuk barang yang tidak diizinkan. Kami berupaya menjamin tidak ada orang yang tidak berhak tiba di ruangan tes ini,” sambungnya.

Tes SKD akan berlangsung menggunakan komputer atau Computer Assisted Test (CAT) yang dikelola Badan Kepegawaian Negara (BKN). Ia juga menjamin materi tes tidak akan bocor. "Materi tes setiap komputer juga berbeda untuk meminimalisir kecurangan. Meski bersebelahan mereka tidak akan bisa bekerja sama," jaminnya.

Sementara itu Kepala Kanreg X BKN Denpasar, Bambang Hari Samasto menambahkan bahwa hasil tes CAT peserta bisa langsung disaksikan di layar komputer setelah tes usai. "Hasilnya bisa langsung dicatat oleh peserta. Skornya juga akan langsung ditempel di papan pengumuman. Kalau ada perbedaan angka hasil tes di komputer dengan yang ditempelkan bisa langsung komplain kepada kami saat itu juga," pungkasnya.*has

Komentar