nusabali

130 Nominasi Masuk AMB 2020

Digelar 23 Februari di Gedung Alaya Darma Negara

  • www.nusabali.com-130-nominasi-masuk-amb-2020

Sebanyak 130 pelaku seni musik di Bali berhasil dipilih menjadi nominasi dalam ajang bergengsi Anugerah Musik Bali (AMB) tahun 2020.

DENPASAR, NusaBali

130 nominasi terpilih dari 21 kategori akan siap bersaing menjadi yang terbaik pada malam AMB 2020 yang akan berlangsung di Gedung Alaya Darma Negara, Lumintang, Denpasar pada 23 Februari mendatang.

AMB tahun ini mendapat antusias yang luar biasa. Mulai dari membludaknya peserta yang mencapai 600-an hingga dominasi dari Kabupaten Buleleng dan Jembrana. Selain musisi berbahasa Bali dan Indonesia, antusias musisi berbahasa asing juga cukup banyak. “Jumlah karya yang ikut dalam seleksi AMB kali ini mencapai 200 persen meningkat dibandingkan tahun pertama penyelenggaraan. Ini merupakan bukti nyata jika antusias dan semangat musisi di Bali,” ujar Gede Bagus selaku komite sekaligus penggagas AMB, Rabu (22/1).

Sebanyak 19 katagori dipilih berdasarkan keputusan dari Dewan Komite Anugerah Musik Bali. Diakui banyak adu argument antara dewan komite dalam menentukan nominasi. “Semua kategori, selain kategori terfavorit, itu penilaian komite. Penilaian selama sebulan ini memang penuh perdebatan. Tapi kami punya sistem dalam menilai,” katanya.

Sedangkan untuk kategori Lagu Terfavorit dan kategori Lagu Berbahasa Bali Terfavorit dipilih berdasarkan vote melalui website www.anugerahmusikbali.com. Untuk kategori Lagu Berbahasa Bali Terfavorit melalui link www.anugerahmusikbali.com/vote1 dan untuk kategori Lagu Terfavorit melalui link www.anugerahmusikbali.com/vote2 dan serta vote juga dilakukan melalui sosial media. “Proses voting berlangsung selama satu bulan terhitung tanggal 22 Januari hingga 22 Februari 2020 pukul 24.00 Wita. Kami libatkan masyarakat karena ini juga bagian dari mereka,” jelasnya.

AMB akan menjadi malam dimana para pelaku industri musik bisa berkumpul tanpa adanya batasan genre musik, bahasa, dan batasan lainnya. Jajaran Komite AMB masih sama seperti sebelumnya yakni Gede Bagus, Wibi Nugraha, I Made Adnyana, Dhani Chaniago dan Putra Mahardika. Tidak sampai di sana, AMB 2020 juga menghadirkan Komite Tamu yakni Gandhi Frans. Para artis, musisi, penata musik, video maker, dan lain-lain akan disambut dengan red carpet. *ind

Komentar