nusabali

Anggota Dewan Kembali Usulkan Pembangunan RS di Kintamani

  • www.nusabali.com-anggota-dewan-kembali-usulkan-pembangunan-rs-di-kintamani

Anggota DPRD Bangli, Gede Tindih, usulkan pembangunan rumah sakit (RS) di Kecamatan Kintamani.

BANGLI, NusaBali

Tujuannya untuk mendekatkan layanan kesehatan kepada masyarakat yang tinggal di balik bukit. Jarak rumah sakit yang jauh memberatkan masyarakat, belum lagi rujukan berjenjang.

Gede Tindih yang juga Ketua Fraksi Restorasi Hati Nurani DPRD Bangli mengatakan, dengan sistem rujukan yang berlaku selama ini sangat memberatkan masyarakat. Untuk memberikan pelayanan yang optimal, dia mengusulkan agar di Kintamani dibangun RS Pratama. Menurutnya, pembangunan RS tak hanya soal anggaran namun kemauan memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. “Tidak hanya mengandalkan PAD, bisa juga mengusulkan ke pusat,” ungkapnya, Rabu (22/1).

Menurutnya, pembangunan RS Pratama bisa saja memanfaatkan Puskesmas. Puskesmas ini dikembangkan sesuai dengan standar RS Pratama. Selain untuk meningkatkan layanan kesehatan, pembangunan RS ini dapat meningkatkan pendapatan daerah. “Bisa jadi sumber pendapatan daerah. Sistem rujukan berjenjang cukup memberatkan. Jadi pasien bisa beralih ke salah satu RS swasta di Bangli,” tandasnya. Gede Tindih berharap RS Pratama bisa dibangun di Kintamani. Sebelumnya usulan senada juga disampaikan sejumlah anggota DPRD Bangli. Juga ada usulan memanfaatkan eks RSU Bangli untuk menjadi RS tipe D. *esa

Komentar